Bursa Wall Street Bergerak Naik Merespon Meredanya Data Inflasi AS

410
wall street

(Vibiznews – Index) Bursa Saham AS bergerak naik tajam pada hari Rabu setelah pembacaan inflasi utama menunjukkan perlambatan dari perkiraan.

Indeks Dow Jones Industrial Average melonjak 475 poin, atau sekitar 1,5%.
Indeks S&P 500 naik 1,9% dan mencapai level tertinggi sejak awal Mei, sementara indeks Nasdaq Composite naik 2,5%.

Indeks harga konsumen utama untuk Juli naik 8,5% dari tahun ke tahun, dan datar dibandingkan dengan Juni. Ekonom yang disurvei oleh Dow Jones mengharapkan kenaikan masing-masing sebesar 8,7% dan 0,2%.

Inflasi inti, yang menghapus harga makanan dan energi yang bergejolak, juga mengalami peningkatan yang lebih kecil dari perkiraan.

Federal Reserve akan mempertimbangkan laporan tersebut, bersama dengan data ekonomi penting lainnya, menjelang pertemuan September di mana dijadwalkan untuk menaikkan suku bunga lagi.

Perlambatan dalam Indeks Harga Konsumen untuk Juli kemungkinan merupakan bantuan besar bagi Federal Reserve, terutama karena The Fed bersikeras bahwa inflasi bersifat sementara. Jika melihat angka inflasi yang menurun, Federal Reserve mungkin mulai memperlambat laju pengetatan moneter.

Saham teknologi utama melampaui pasar yang lebih luas pada hari Rabu, dengan saham induk Facebook Meta naik 5,7% dan Netflix naik lebih dari 4%. Salesforce adalah pemain terbaik di Dow, naik 3,6%.

Goldman, Citi muncul karena saham bank mengungguli
Saham bank berkinerja lebih baik pada hari Rabu, bahkan ketika laporan IHK Juli tampaknya memicu pergerakan suku bunga yang lebih rendah.

Saham Goldman Sachs dan Citigroup masing-masing telah naik lebih dari 3%. JPMorgan Chase dan Wells Fargo masing-masing telah muncul lebih dari 2%.

Bank-bank yang lebih kecil juga bertahan, dengan ETF Perbankan Regional SPDR S&P naik 2,6%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street akan lanjutkan penguatan dan berakhir naik seiring data inflasi AS bulan Juli lebih kecil dari perkiraan, memicu sentimen The Fed akan menaikkan suku bunga lebih kecil dan kebijakan moneter tidak agresif.