Klaim Pengangguran AS Meningkat Minggu Lalu

451
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Economy & Business)Jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim baru untuk tunjangan pengangguran naik untuk minggu kedua berturut-turut, menunjukkan pelemahan lebih lanjut di pasar tenaga kerja meskipun kondisi masih ketat karena Federal Reserve mencoba memperlambat permintaan untuk membantu mengendalikan inflasi.

Klaim awal untuk tunjangan pengangguran negara bagian naik 14.000 menjadi 262.000 yang disesuaikan secara musiman untuk pekan yang berakhir 6 Agustus, Departemen Tenaga Kerja mengatakan pada hari Kamis. Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan 263.000 aplikasi untuk minggu terakhir.

Itu masih di bawah kisaran 270.000-300.000 yang menurut para ekonom akan menandakan perlambatan material di pasar tenaga kerja.

Jumlah orang yang menerima manfaat setelah minggu awal bantuan meningkat 8.000 menjadi 1,428 juta selama pekan yang berakhir 30 Juli. Apa yang disebut klaim berkelanjutan adalah proxy untuk perekrutan.

Ekonomi AS secara tak terduga mengalami kontraksi pada kuartal kedua, dengan belanja konsumen tumbuh pada laju paling lambat dalam dua tahun dan belanja bisnis menurun. Penurunan kuartalan kedua berturut-turut dalam produk domestik bruto sebagian besar mencerminkan laju akumulasi inventaris yang lebih moderat oleh bisnis karena perolehan pekerjaan secara keseluruhan tetap kuat.

Ekonomi menciptakan 528.000 pekerjaan yang kuat secara tak terduga pada bulan Juli, tingkat pengangguran turun kembali ke level terendah sebelum pandemi, dan kenaikan upah mengejutkan, Departemen Tenaga Kerja mengumumkan Jumat lalu dalam laporan ketenagakerjaan bulanan yang mempersulit Fed untuk membawa perekonomian ke dalam keseimbangan segera.

Bank sentral AS bulan lalu menaikkan suku bunganya sebesar tiga perempat poin persentase sebagai bagian dari upayanya untuk meredam inflasi yang tinggi. The Fed kini telah menaikkan suku bunga itu sebesar 225 basis poin sejak Maret.