Inflasi Agustus AS Diperkirakan Mereda

301
wall street
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Economy & Business) Inflasi AS diperkirakan akan berkurang pada bulan Agustus, karena harga bensin turun, rantai pasokan membaik dan biaya perjalanan turun.

Indeks Harga Konsumen (IHK) AS akan dirilis Selasa malam ini, dan laporannya mungkin mixed karena inflasi utama diperkirakan turun sementara inflasi inti, tidak termasuk energi dan makanan, akan naik. Laporan ini juga penting karena diperkirakan akan mempengaruhi keputusan Federal Reserve tentang berapa banyak untuk menaikkan suku bunga minggu depan – dan yang lebih penting, dalam jangka panjang.

IHK untuk semua item diproyeksikan telah benar-benar turun 0,1% bulan ke bulan di bulan Agustus, setelah pembacaan datar di bulan Juli, menurut Dow Jones. Pada basis tahunan, IHK utama kemudian akan berjalan pada kecepatan 8%, turun dari 8,5% di bulan Juli.

Tapi tidak termasuk bensin, IHK inti diperkirakan naik 0,3%, sama seperti Juli. Pada basis tahun-ke-tahun, itu akan menghasilkan peningkatan 6%, bahkan lebih tinggi dari kenaikan 5,9% di bulan itu.

Bagi The Fed, laporan tersebut secara luas diperkirakan untuk mengkonfirmasi perlunya mempertahankan perjuangannya melawan inflasi dengan kenaikan suku bunga minggu depan sebesar 0,75 poin persentase, yang ketiga kalinya berturut-turut. Jika data inflasi lebih lemah dari yang diperkirakan, beberapa ekonom mengatakan ada kemungkinan luar Fed dapat menaikkan hanya setengah persen.

Harga bensin adalah pendorong terbesar penurunan energi. Sejak memuncak pada $5,01 pada pertengahan Juni, rata-rata nasional untuk gas tanpa timbal telah turun sepanjang musim panas, menjadi rata-rata $3,71 per galon Senin, menurut AAA.

Hunian merupakan salah satu kawasan yang diperkirakan akan naik, sedangkan harga mobil bekas diprediksi akan turun.

Analis mengatakan keputusan suku bunga Fed 21 September mungkin dipengaruhi oleh laporan IHK Agustus, tetapi rincian di dalam laporan itu mungkin lebih penting dalam hal apa yang mereka katakan tentang prospek jangka panjang.

Ini adalah pertanyaan kunci untuk pasar, karena beberapa pro memperkirakan Fed akan berhenti pada akhir tahun. Yang lain memperkirakan jeda awal tahun depan, dan beberapa investor percaya bank sentral akan mulai menurunkan suku bunga pada paruh kedua tahun 2023.