Penjualan Ritel AS Bulan Agustus Naik di Tengah Kenaikan Inflasi

272
wall street
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Economy & Business) Angka penjualan ritel lebih baik dari yang diperkirakan pada bulan Agustus karena kenaikan harga di banyak sektor mengimbangi penurunan yang cukup besar dalam penerimaan pompa bensin, Biro Sensus AS melaporkan Kamis.

Penjualan ritel di muka untuk bulan ini meningkat 0,3% dari Juli, lebih baik dari perkiraan Dow Jones tanpa perubahan. Totalnya tidak disesuaikan dengan inflasi, yang naik 0,1% di bulan Agustus, menunjukkan bahwa pengeluaran melebihi kenaikan harga.

Inflasi yang diukur oleh indeks harga konsumen naik 8,3% sepanjang tahun lalu hingga Agustus, sementara penjualan ritel meningkat 9,3%.

Namun, tidak termasuk mobil, penjualan turun 0,3% untuk bulan tersebut, di bawah perkiraan untuk kenaikan 0,1%. Tidak termasuk mobil dan gas, penjualan naik 0,3%.

Penjualan di dealer kendaraan bermotor dan suku cadang memimpin semua kategori, naik 2,8%, membantu mengimbangi penurunan 4,2% di pompa bensin, yang penerimaannya jatuh karena harga turun tajam. Penjualan online juga turun 0,7%, sementara penjualan bar dan restoran naik 1,1%.

Revisi angka Juli menunjukkan perjuangan konsumen lebih lanjut, dengan awalnya dilaporkan tidak berubah tetapi penurunan 0,4%.

Juga, kelompok “kontrol” yang digunakan para ekonom untuk mengurangi penjualan ritel, tidak berubah dari Juli. Grup tidak termasuk penjualan dari dealer mobil, pengecer bahan bangunan, pompa bensin, toko peralatan kantor, rumah mobil dan toko tembakau, dan itulah yang digunakan pemerintah untuk menghitung bagian ritel dari PDB.

Inflasi yang lebih tinggi mendorong angka penjualan naik tetapi volume jelas turun karena secara riil, penjualan negatif.

Angka ritel memimpin hari yang sibuk untuk data ekonomi.

Di tempat lain, klaim pengangguran awal untuk pekan yang berakhir 10 September mencapai 213.000, turun 5.000 dari minggu sebelumnya dan lebih baik dari perkiraan 225.000. Harga impor di bulan Agustus turun 1%, lebih rendah dari perkiraan penurunan 1,2%.

Dua pengukur manufaktur menunjukkan hasil yang beragam: Indeks Manufaktur Empire State Federal Reserve New York untuk September menunjukkan pembacaan -1,5, lompatan besar 30 poin dari bulan sebelumnya. Namun, ukuran Fed Philadelphia berada di -9,9, penurunan besar dari 6,2 pada Agustus dan di bawah ekspektasi untuk pembacaan positif 2,3.

Dua pembacaan Fed mencerminkan persentase perusahaan yang melaporkan ekspansi versus kontraksi, menunjukkan manufaktur secara luas dalam kemunduran untuk bulan ini.

Namun Laporan menunjukkan beberapa pelunakan dalam tekanan harga. Untuk New York, indeks harga yang dibayar dan harga yang diterima masing-masing turun 15,9 dan 9,1 poin, meskipun keduanya tetap kokoh di wilayah pertumbuhan dengan pembacaan 39,6 dan 23,6. Di Philadelphia, harga yang dibayarkan turun hampir 14 poin tetapi harga yang diterima meningkat 6,3 poin. Indeks tersebut masing-masing adalah 29,8 dan 29,6, menunjukkan bahwa harga masih naik secara keseluruhan tetapi dengan kecepatan yang lebih lambat.