Dolar AS Rebound, Data Tenaga Kerja dan Pernyataan Pejabat Fed Menjadi Perhatian

423
dolar AS

(Vibiznews – Forex) Dolar AS naik pada hari Rabu, sehari setelah mengalami penurunan satu hari terbesar dalam lebih dari dua tahun, dengan meredanya penguatan pasar saham.

Indeks dolar terakhir naik 1,2% menjadi 111,38, setelah jatuh 1,3% pada hari Selasa. Indeks, yang mengukur dolar AS terhadap sekeranjang mata uang utama, telah jatuh hanya di bawah 4% sejak menyentuh tertinggi 20 tahun di 114,78 minggu lalu.

Sterling turun 1,08% menjadi $ 1,1352, setelah naik selama enam sesi berturut-turut. Penurunannya sedikit diperpanjang karena Perdana Menteri Inggris Liz Truss berjanji untuk menurunkan utang sebagai bagian dari pendapatan nasional, lebih dari seminggu setelah rencana pemerintah untuk memangkas pajak dan meningkatkan pinjaman pasar yang ketakutan.

Keuntungan baru-baru ini untuk sebagian besar mata uang utama terhadap dolar telah didukung oleh harapan di antara investor dan pedagang bahwa Federal Reserve AS akan menaikkan suku bunga kurang dari yang diperkirakan sebelumnya.

Penurunan yang lebih besar dari perkiraan dalam jumlah lowongan pekerjaan pada bulan Agustus adalah bukti terbaru bahwa ekonomi AS secara bertahap melambat. Indeks saham acuan S&P 500 AS melonjak lebih dari 3% pada hari Selasa.

Namun, optimisme investor yang mendorong dolar lebih rendah tampaknya agak memudar pada hari Rabu, dengan saham dan obligasi memangkas kenaikannya.

Kenaikan suku bunga 50 basis poin kelima berturut-turut dari Reserve Bank of New Zealand (RBNZ) pada hari Rabu mengingatkan investor bahwa inflasi tetap menjadi fokus utama bank sentral.

Imbal hasil obligasi global, yang bergerak terbalik terhadap harga, naik tipis setelah jatuh tajam dalam beberapa hari terakhir sementara saham berjangka AS tergelincir.

Dolar Selandia Baru terakhir turun 0,7% menjadi $0,5689, setelah melompat sebanyak 1,3% di awal sesi. Dolar Aussie turun 0,8% menjadi $0,6448.

Yen Jepang turun 0,4% menjadi 144,62 per dolar.

Gubernur Federal Reserve AS Philip Jefferson menegaskan semalam bahwa inflasi adalah target utama bagi pembuat kebijakan dan bahwa pertumbuhan akan menderita dalam upaya untuk menurunkannya.

Presiden Fed San Francisco Mary Daly mengambil garis yang lebih lembut dan mengatakan dampak dari dolar yang merajalela – yang telah melonjak 17% tahun ini – pada mata uang dan ekonomi lainnya menjadi perhatian.

Data tenaga kerja AS yang akan dirilis pada hari Jumat akan menjadi indikator utama berikutnya dari kemungkinan lintasan kebijakan moneter The Fed.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya indeks dolar AS akan mencermati data tenaga kerja AS dan pernyataan pejabat The Fed. Jika data tenaga kerja meningkat dan pernyataan pejabat The Fed memberikan sinyal hawkish kenaikan suku bunga, akan mengangkat dolar AS.