Indeks Nikkei Berakhir Positif Mengikuti Kenaikan Bursa Wall Street

411
nikkei topix

(Vibiznews – Index) Indeks Nikkei 225 naik 0,46% menjadi ditutup pada 26.508 sementara Indeks Topix yang lebih luas naik 0,78% menjadi 1.908 pada hari Kamis, naik dari level terendah dalam sekitar dua bulan dan mengikuti kenaikan di Wall Street semalam, karena kepercayaan konsumen AS yang kuat dan optimis mendorong sentimen.

Dampak dari perubahan kebijakan mengejutkan Bank of Japan juga mulai mereda, dengan imbal hasil obligasi global mulai stabil pada hari Kamis.

Hampir semua sektor berpartisipasi dalam rebound, dengan keuntungan penting dari indeks kelas berat seperti Toyota Motor (1,8%), Kawasaki Kisen (5,5%), Nintendo (1,6%), Sony Group (0,9%) dan Toshiba Corp (4,3%).

Perusahaan keuangan juga memperpanjang kenaikan karena ekspektasi keuntungan yang lebih baik dari kenaikan suku bunga, termasuk Mitsubishi UFJ (2,2%), Sumitomo Mitsui (-1,5%) dan Mizuho Financial (-0,6%).

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Jepang akan mencermati data inflasi Jepang bulan November dan risalah pertemuan kebijakan BoJ. Jika data inflasi Jepang November terealisir naik akan dapat menekan bursa Jepang. Juga akan mencermati hasil akhir bursa Wall Street, yang jika memberikan sentimen bearish, juga akan dapat menekan bursa Jepang.