Kospi Rally 5 Hari Berturut, Bertahan di Tertinggi 3 Pekan

335
kospi

(Vibiznews – Indeks) – Bursa Korsel  berakhir lebih tinggi pada hari Selasa 10 Januari 2023, memperpanjang gain beruntun mereka ke hari kelima.

Kospi bertahan di posisi tertinggi 3 pekan meskipun ada kekhawatiran atas kenaikan suku bunga agresif Federal Reserve menyusul komentar pejabat Fed yang hawkish.

Indeks Kospi ditutup menguat 0,05 persen menjadi  2.351,31 poin dengan  indeks Kospi200 berjangka  ditutup terkoreksi turun 0,04% ke posisi 309.57.

Saham berkapitalisasi besar yang menopang Kospi bergerak mixed, saham pemimpin pasar Samsung Electronics Co. turun 0,5 persen,  saham SK Telecom Co. turun 1,3 persen.

Kemudian saham pembuat mobil papan atas Hyundai Motor Co. turun 0,6 persen dan saham  penyuling No.1 SK Innovation Co. turun 2,6 persen.

Untuk saham-saham yang menguat seperti saham produsen chip No.2 SK hynix Inc. naik 0,6 persen, saham LG Energy Solution naik 2,1 persen dan Korea Electric Power Corp milik negara naik 0,5 persen.

Kekuatan saham LG Energy Solution mendapat dorongan dari berita perusahaan akan kerjasama dengan Ford Motor Co. untuk membangun pabrik sel baterai di Turki.

Tetapi saham SK Innovation menurun karena berita sedang mempertimbangkan menarik diri dari kesepakatan awal dengan Ford untuk membangun pabrik.