Saham Teknologi Wall Street Awal Pekan Melonjak, Nasdaq Tertinggi Sebulan Lebih

309

(Vibiznews – Index) – Terjadi lonjakan harga saham-saham teknologi di bursa Wall Street pada perdagangan yang berakhir Selasa dinihari (24/1/2023), melanjutkan rally sebelumnya.

Perdagangan awal pekan terlihat pergerakan indeks utamanya  naik tajam hingga mengangkat Nasdaq dan S&P 500 mencapai level tertinggi lebih dari sebulan.

Indeks Nasdaq melonjak 2 persen menjadi 11.364,41, indeks S&P 500 melonjak  1,2 persen menjadi 4.019,81 dan indeks  Dow Jones naik 0,8 persen menjadi 33.62,56.

Berlanjutnya rally saham di Wall Street karena ekspektasi Federal Reserve akan terus memperlambat laju kenaikan suku bunga kebijakan.

Pekan lalu pasar khawatirkan terjadinya resesi ekonomi Amerika Serikat pasca rilis beberapa data ekonomi yang lemah.

Secara sektoral, keuntungan paling banyak disumbang oleh sektor teknologi seperti saham  semikonduktor dengan Philadelphia Semiconductor Index naik 5,0 persen ke tertinggi 5 bulan.

Saham Pembuat chip Advanced Micro Devices melonjak 9,2 persen setelah Barclays meningkatkan peringkat saham menjadi Overweight dari Equal Weight.

Kekuatan signifikan juga terlihat di antara saham perangkat keras komputer dengan NYSE Arca Computer Hardware Index alami kenaikan 3,6 persen.

Selain saham teknologi yang juga mencetak gain lumayan yaitu  saham perbankan dan transportasi.