Bursa Eropa Selasa Ditutup Turun; Indeks Stoxx Eropa Bulan Februari Naik 2 Persen

281

(Vibiznews – Index) Bursa Eropa ditutup lebih rendah pada hari Selasa setelah sesi yang sebagian besar diredam dengan investor fokus pada data baru, suku bunga dan beberapa berita perusahaan yang lebih spesifik.

Indeks Stoxx 600 Eropa ditutup turun 0,3%, dengan indeks blue-chip menutup bulan ini 2,07% lebih tinggi.

Indeks FTSE 100 berakhir turun -0,74. Indeks DAX ditutup turun -0.11. Indeks CAC berakhir lemah -0,38.

Pada hari Selasa, saham perawatan kesehatan kehilangan 1,5% sepanjang hari, sementara beberapa sektor berayun untuk keuntungan, termasuk bank, yang naik 1,4%.

Santander ditutup 4,8% lebih tinggi setelah mengumumkan rencana untuk meningkatkan pengembalian rasio ekuitas berwujud di tahun-tahun mendatang.

Angka inflasi dari Perancis dan Spanyol datang lebih panas dari yang diharapkan untuk bulan Februari, dengan percepatan kenaikan harga secara tahunan dan bulanan di kedua negara.

Indeks FTSE Inggris dan pound diawasi ketat setelah Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak pada hari Senin menandatangani kesepakatan perdagangan baru dengan Uni Eropa yang dirancang untuk memperbaiki masalah yang disebabkan oleh Protokol Irlandia Utara.

Februari telah melihat penurunan untuk indeks utama AS. Pada hari Selasa Dow Jones Industrial Average jatuh. Sementara itu, pasar Asia-Pasifik ditutup sebagian besar lebih tinggi karena investor mencerna data ekonomi utama di seluruh kawasan.

Perekonomian Swiss datar pada kuartal keempat, kata pemerintah Selasa, karena “lingkungan internasional yang menantang” menekan manufaktur dan ekspor.

Pertumbuhan 0% turun dari ekspansi 0,2% di kuartal ketiga. Manufaktur mengalami kontraksi sebesar 0,3% pada kuartal keempat, dengan ekspor melemah 0,9%. Angka awal menunjukkan produk domestik bruto Swiss secara keseluruhan meningkat sebesar 2,1% tahun lalu, disesuaikan dengan efek musiman dan kalender serta acara olahraga — dibandingkan dengan 3,9% pada tahun 2021.

Sekretariat Urusan Ekonomi Swiss pada bulan Desember memproyeksikan bahwa ekonomi nasional akan tumbuh sebesar 1% tahun ini, diikuti oleh 1,6% pada tahun 2024.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Eropa akan mencermati data Inflasi Jerman Februari yang diindikasikan turun dan data ISM Manufacturing PMI AS Februari yang diindikasikan meningkat. Jika kedua data tersebut terealisir sesuai indikasi akan dapat menguatkan bursa Eropa.