Pembukaan Bursa Eropa 6 Maret Capai Rekor, Saham Inggris Tertekan

324
bursa eropa

(Vibiznews – Indeks) – Bursa saham Eropa hari Senin 6 Maret dibuka pada posisi rekor setelah pekan lalu membukukan kinerja mingguan terbaik sejak awal tahun lalu.

Indeks utama bursa Eropa dan juga saham Jerman naik  ke posisi tertinggi dalam setahun dan indeks saham Perancis naik ke puncak baru rekor tertinggi.

Namun terjadi pergerakan sebaliknya pada indeks saham Inggris karena target PDB China 2023  yang moderat menekan saham eksportir utama.

Saham eksportir Inggris tertekan oleh anjloknya harga komoditas global oleh kekhawatiran turunnya permintaan dari China.

Saham penambang besar Anglo American dan Antofagasta yang menekan indeks FTSE  turun lebih dari 1% masing-masing.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa melonjak 0,34% , indeks saham Jerman DE40 naik 0,18%, indeks saham Perancis FR40 naik 0,30% dan indeks saham Italia IT40 naik 0,34%.

Sentimen selanjutnya bergeser ke kesaksian Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell di dhadapan Kongres AS serta data NFP AS hari Jumat.

Di Eropa, data yang harus diperhatikan termasuk data ritel Zona Euro serta pidato Kepala Ekonom ECB Philip Lane yang dapat memberikan sinyal pengetatan kebijakan ECB.