Pembukaan Bursa Eropa Awal Pekan Tertekan Kasus Silicon Valley Bank

355
bursa eropa

(Vibiznews – Indeks) – Terjadi aksi jual saham bank di pembukaan bursa Eropa hari Senin 13 Maret akibat kolabsnya Silicon Valley Bank, merugikan semua indeks saham.

Saham perbankan di bursa Italia yang paling terpukul hingga membuat indeks saham Italia memimpin pelemahan.

Indeks utama bursa Eropa anjlok cukup signifikan ke posisi terendah dalam 2 bulan lebih, dan indeks saham Jerman, Perancis dan Inggris turun ke posisi terendah dalam 2 bulan.

Investor menilai upaya pemerintah AS untuk memperkuat kepercayaan pada sistem perbankan dan mengurangi risiko sistematik dari kolabsnya Silicon Valley Bank.

Selain itu juga mencerna laporan bahwa HSBC telah mengakuisisi cabang SVB Inggris dalam penjualan swasta yang difasilitasi pemerintah untuk melindungi para deposan.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa anjlok 2,66% , indeks saham Jerman DE40 anjlok 2,79%, indeks saham Perancis FR40 anjlok 2,64% dan indeks saham Italia IT40 anjlok 4,41%.

Sentimen selanjutnya bergeser ke kesaksian Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell di dhadapan Kongres AS serta data NFP AS hari Jumat.

Di Eropa, data yang harus diperhatikan termasuk data ritel Zona Euro serta pidato Kepala Ekonom ECB Philip Lane yang dapat memberikan sinyal pengetatan kebijakan ECB.