Bursa Eropa Selasa Ditutup Naik Setelah Pengambilalihan Credit Suisse oleh UBS

1533
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa Eropa ditutup lebih tinggi pada hari Selasa dengan meredanya kekhawatiran krisis perbankan setelah setelah pengambilalihan Credit Suisse oleh UBS.

Indeks Stoxx 600 Eropa ditutup 1,3% lebih tinggi, sementara sebagian besar sektor ditutup di zona hijau. Jasa keuangan memimpin kenaikan, naik 4,4%, karena sektor perbankan naik 3,8%. Saham asuransi naik 2,9%.

Indeks FTSE 100 Inggris meningkat 1,79%.
Indeks DAX Jerman menguat 1.75%.
Indeks CAC 40 Perancis naik 1,42%.

Pada hari Senin bursa Eropa berfluktuasi, dengan indeks Stoxx 600 lebih rendah pada jam pertama perdagangan sebelum bergerak ke wilayah positif.

UBS setuju pada hari Minggu untuk membeli saingannya Credit Suisse seharga 3 miliar franc Swiss ($ 3,2 miliar) dalam kesepakatan penyelamatan darurat. Bank gabungan akan memiliki $5 triliun aset yang diinvestasikan, menurut UBS. Saham Credit Suisse anjlok 54% pada hari Senin pada satu titik, sementara UBS naik dari kerugian menjadi keuntungan 3,8%.

Saham Credit Suisse berombak pada hari Selasa, dan ditutup naik 7% pada sore hari. UBS adalah 12% lebih tinggi.

Pada Selasa sore, imbal hasil obligasi pemerintah Jerman bertenor dua tahun naik 24 basis poin menjadi 2,56%. Ini menuju kenaikan harian terbesar sejak September 2008, menurut data Reuters.

Imbal hasil 10 tahun naik 17 basis poin menjadi 2,27%.

Pasar bersiap untuk pertemuan kebijakan moneter dua hari Federal Reserve, yang dimulai Selasa. Pedagang menghargai peluang 85% dari kenaikan suku bunga seperempat poin, menurut alat FedWatch CME Group.

Saham A.S. lebih tinggi setelah Menteri Keuangan A.S. Janet Yellen mengatakan Selasa pagi bahwa pemerintah siap memberikan jaminan lebih lanjut atas simpanan untuk bank-bank yang dilanda krisis.

Layanan pengiriman takeaway Just Eat mengumumkan akan mengubah model ketenagakerjaan yang saat ini digunakan di beberapa bagian Inggris, yang akan menghasilkan 1.700 redudansi.

Just Eat malah akan mengandalkan model wirausaha, yang sudah diterapkan di sebagian besar Inggris Raya.

Seorang juru bicara Just Eat Takeaway.com mengatakan dalam siaran pers: “Prioritas utama kami sekarang adalah mendukung karyawan dan kurir yang terkena dampak. Kami sangat berterima kasih kepada kolega dan kurir kami yang berbakat yang telah menjadi bagian dari model pekerja di Inggris.”

Perusahaan kembali ke profitabilitas pada tahun 2022 dengan EBITDA yang disesuaikan sebesar 19 juta euro ($20,5 juta) setelah mengalami kerugian sebesar 350 juta euro pada tahun 2021.

Saham Just Eat turun 0,1% sekitar pukul 15:55 waktu London.

Bank-bank Eropa memperpanjang kenaikan mereka di puncak indeks Stoxx 600 Selasa sore, dengan UBS setelah memperoleh lebih dari 8% sekitar pukul 14.30. waktu London.

Commerzbank naik 6,8% sementara UniCredit naik 6,7% karena investor terus mencerna berita akuisisi Credit Suisse oleh UBS.

Banco Sabadell naik 6,7%, sedangkan Natwest Group naik 5,8%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Eropa akan mencemati data inflasi Februari Inggris yang jika terealisir menurun akan menguatkan bursa Inggris dan Eropa. Juga akan dicermati pidato dari Presiden ECB yang jika memberikan sentimen positif untuk ekonomi Zona Eropa, akan menguatkan bursa Eropa.