Gejolak Perbankan Terlihat Mereda, Pasar Asia-Pasifik Siap untuk Naik, Selasa (28/03)

362
asia
Pedestrians walk in front of an electronics stocks indicator displaying share prices of the Tokyo Stock Exchange in Tokyo on October 20, 2017. Tokyo's benchmark stock index closed higher October 20, posting its longest winning streak in nearly six decades, while Nissan dropped on a production suspension. / AFP PHOTO / Kazuhiro NOGI

(Vibiznews – Index) – Pasar Asia-Pasifik siap untuk naik pada hari Selasa (28/03) karena kekhawatiran investor atas gejolak perbankan baru-baru ini terus menunjukkan tanda-tanda pelonggaran.

Di Australia, S&P/ASX 200 naik 0,54%, dan indeks Hang Seng Hong Kong juga akan diperdagangkan lebih tinggi, dengan kontrak berjangka berdiri di 19.638 dibandingkan penutupan terakhir indeks di 19.567,69.

Tapi Nikkei 225 Jepang menuju penurunan karena kontrak berjangka Nikkei di Chicago berada di 27.430, sementara pasangannya di Osaka berada di 27.340, melawan Nikkei 225 penutupan terakhirnya di 27.476,87.

Di tempat lain, Korea Selatan akan merilis indeks sentimen konsumennya untuk bulan Maret, sementara Australia akan mengumumkan data penjualan ritelnya untuk bulan Februari.

Semalam di AS, Dow Jones Industrial Average naik hampir 200 poin, atau 0,6% lebih tinggi, dan S&P 500 naik 0,2%. Namun, Nasdaq Composite berakhir lebih rendah 0,5% pada 11.768,84.

Jack Ma, miliarder salah satu pendiri raksasa e-commerce China Alibaba, kembali ke China setelah kira-kira satu tahun pergi, menurut laporan Wall Street Journal mengutip orang-orang yang mengetahui masalah tersebut.

Ma, yang sebagian besar menghilang dari kehidupan publik setelah pertengkaran dengan regulator China, menjadi bahan spekulasi setelah kepergiannya. Menurut laporan itu, Ma menghabiskan sebagian besar tahun lalu di Jepang sebelum baru-baru ini kembali ke China. Dia juga baru-baru ini berada di Hong Kong, Singapura dan Australia.

Saham Alibaba naik 0,5% pada perdagangan premarket Senin.

Saham Deutsche Bank yang terdaftar di AS lebih tinggi dalam perdagangan premarket pada hari Senin, melonjak 3,6% setelah kerugian tajam pada minggu lalu.

Kanselir Jerman Olaf Scholz sebagian besar menepis kekhawatiran bahwa Deutsche dapat mengalami kejatuhan yang serupa dengan Credit Suisse, dengan mengatakan bahwa perusahaan tersebut masih “sangat menguntungkan” dan “dimodernisasi secara fundamental”.

Meski begitu, saham Deutsche masih di bawah tekanan karena investor menimbang apakah akhir yang sebenarnya terlihat menular di sektor perbankan. Saham bank ini telah turun hampir 19% tahun ini.

Dalam upaya memberi First Republic Bank lebih banyak waktu untuk mengatur keuangannya, regulator AS sedang mempertimbangkan untuk memperluas fasilitas pinjaman darurat, Bloomberg melaporkan pada akhir pekan.

Langkah tersebut akan berlaku untuk semua bank, tetapi terutama dapat membantu First Republic, yang memiliki masalah dengan aset serupa dengan yang menggulingkan tiga bank regional lainnya. First Republic tetap buka tetapi kekhawatiran tumbuh atas operasinya dan sahamnya anjlok.

Diskusi sedang dalam tahap awal untuk memperluas Program Pendanaan Berjangka Bank, dan setiap perluasan akan berlaku untuk semua bank.

Saham First Republic melonjak lebih dari 28% dalam perdagangan premarket Senin dan telah turun hampir 90% selama sebulan terakhir.

Selasti Panjaitan/Vibiznews/Head of Wealth Planning