Pertumbuhan Ekonomi Amerika Serikat Q4-2022 Menyusut dibawah Ekspektasi

492
wall street

(Vibiznews – Economy) – Pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat dilaporkan menyusut  pada kuartal keempat tahun 2022 dan dibawah ekspektasi.

Departemen Perdagangan mengumumkan produk domestik bruto riil naik 2,6 persen pada kuartal keempat setelah meningkat 3,2 persen pada kuartal sebelumnya.

PDB Amerika Serikat Q4-2022  lebih rendah dari perkiraan awal untuk kenaikan 2,7% dan juga konsensus pasar 2,7%.

Untuk pertumbuhan ekonomi sepanjang tahun dilaporkan hanya meningkat 2,1 persen

United States GDP Growth Rate

Departemen Perdagangan beralasan pertumbuhan yang lebih lambat dari perkiraan sebelumnya mencerminkan turunnya ekspor dan belanja konsumen.

Namun terjadi peningkatan pada investasi tetap non-perumahan, dan belanja pemerintah negara bagian dan lokal.

Peningkatan belanja konsumen, yang menyumbang lebih dari dua pertiga aktivitas ekonomi AS,  turun menjadi 1,0 persen dari 1,4 persen.

Demikian pengeluaran barang turun 0,1 persen, dibandingkan dengan perkiraan awal penurunan 0,5 persen, dengan perhiasan memimpin penurunan.

Juga dari perdagangan bersih  lebih rendah (0,42 pp vs 0,46 pp), dengan ekspor (-3,7% vs -1,6%) dan impor (-5,5% vs -4,2%) turun lebih banyak.

Kontribusi negatif sebagian diimbangi oleh peningkatan investasi inventaris swasta, penurunan yang lebih kecil dalam investasi tetap perumahan, dan percepatan pengeluaran pemerintah federal.

Laporan ini juga menunjukkan PDB  yang tidak termasuk harga pangan dan energi  naik menjadi 4,4 persen dari 4,3 persen.

Pertumbuhan harga yang  naik masih mencerminkan perlambatan dari lonjakan 4,7 persen pada kuartal ketiga.