Pasar Asia-Pasifik Bergerak Positip Pagi Ini, Senin (10/07)

420
asian market

(Vibiznews – Index) – Pasar Asia-Pasifik sebagian besar akan naik menjelang laporan inflasi utama minggu ini, termasuk laporan indeks harga konsumen AS yang akan dirilis hari Rabu dan indeks harga produsen pada hari Kamis.

Di kawasan ini, tingkat inflasi China dan harga produsen hari ini akan memberikan lebih banyak konteks pada lintasan pemulihan negara tersebut. Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan pembacaan CPI tetap tidak berubah setelah harga produsen anjlok bulan lalu.

Menteri Keuangan AS Janet Yellen mengakhiri kunjungannya ke Beijing, dan mengatakan bahwa pembicaraan itu “langsung” dan “produktif”, menempatkan hubungan bilateral pada “pijakan yang lebih pasti”.

Di Jepang, Nikkei 225 bersiap untuk rebound tipis setelah merosot lebih dari 1% pada hari Jumat, dengan kontrak berjangka di Chicago di 32.510, dan pasangannya di Osaka di 32.380 terhadap penutupan terakhir di 32.388,42.

Indeks Hang Seng Hong Kong juga diperkirakan akan menguat kembali pada hari Senin, dengan kontrak berjangka di 18.759 dibandingkan dengan penutupan terakhir HSI di 18.365,7.

Namun, S&P/ASX 200 Australia akan jatuh, dengan kontrak berjangka untuk S&P/ASX 200 pada 7.013, lebih rendah dari penutupan terakhir indeks di 7.042,3.

Pada hari Jumat, pasar AS ditutup lebih rendah di tengah kekhawatiran bahwa Federal Reserve AS akan menaikkan suku bunga bulan ini, dengan ketiga indeks utama jatuh.

Laporan pekerjaan bulan Juni Departemen Tenaga Kerja menunjukkan gaji meningkat kurang dari yang diharapkan, mendingin dari bulan Mei. Nonfarm payrolls naik 209.000, sementara tingkat pengangguran mencapai 3,6%.

Dow Jones Industrial Average mengalami kerugian terbesar 0,55%, sedangkan S&P 500 turun 0,29% dan Nasdaq Composite turun 0,13%.

Saham energi memimpin jalan yang lebih tinggi
Sektor energi mengungguli selama sesi perdagangan hari Jumat karena harga minyak mencapai level tertinggi 6 minggu.

Minyak mentah Brent berjangka dan U.S. West Texas Intermediate Crude keduanya naik sekitar 2% setelah Arab Saudi dan Rusia mengumumkan pengurangan produksi baru minggu ini, yang menyebabkan sektor energi S&P reli 2,7% dalam perdagangan tengah hari.

Selasti Panjaitan/Vibiznews/Head of Wealth Planning