Core PCE Price Index Agustus AS Naik Dibawah Perkiraan

429
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Economy & Business) Indikator ekonomi yang disukai oleh Federal Reserve untuk ukuran inflasi naik lebih rendah dari perkiraan pada bulan Agustus.

Indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi tidak termasuk makanan dan energi meningkat 0,1% untuk bulan ini, lebih rendah dari perkiraan kenaikan 0,2% dari konsensus ekonom Dow Jones, Departemen Perdagangan melaporkan pada hari Jumat. Dalam basis 12 bulan, peningkatan tahunan untuk PCE inti adalah 3,9%, sesuai dengan perkiraan.

Angka tersebut merupakan peningkatan bulanan terkecil sejak November 2020.

Seiring dengan penurunan kenaikan inflasi, belanja konsumen naik 0,4% pada basis dolar saat ini. Angka tersebut turun tajam dari 0,9% di bulan Juli. Secara riil, belanja hanya naik 0,1% setelah naik 0,6% di bulan Juli.

Termasuk makanan dan energi, PCE utama meningkat 0,4% pada bulan ini dan 3,5% dari tahun lalu. Inflasi umum telah meningkat lebih tinggi dalam beberapa bulan terakhir setelah mencapai 3,2% pada bulan Juni.

Meskipun ini adalah salah satu dari banyak input yang digunakan The Fed untuk mengukur inflasi, indeks PCE dianggap sangat berharga karena memperhitungkan perubahan perilaku konsumen, seperti mengganti barang-barang berharga lebih rendah dengan barang-barang lebih mahal. Dengan demikian, indeks ini memberikan gambaran biaya hidup yang lebih baik dibandingkan indeks harga konsumen yang lebih banyak diikuti, yang mengukur biaya tanpa memperhatikan substitusi.

PCE inti adalah angka tahunan pertama di bawah 4% dalam hampir dua tahun dan turun dari angka bulan Juli sebesar 4,3%.

Inflasi pada bulan ini sebagian besar didorong oleh biaya energi, yang meningkat sebesar 6,1%, menurut pembacaan hari Jumat. Harga pangan naik 0,2%. Secara tahunan, energi turun 3,6% sementara makanan meningkat 3,1%.

The Fed menargetkan inflasi sebesar 2% sebagai indikasi tingkat pertumbuhan ekonomi yang sehat. Core PCE terakhir berada di level tersebut pada Februari 2021.