Imbal Hasil Treasury AS Jumat Turun Mencermati Perkembangan Ekonomi dan Suku Bunga

456

(Vibiznews – Bonds) Imbal hasil Treasury AS turun pada hari Jumat mencerna data ekonomi minggu ini dan menilai dampaknya terhadap suku bunga Federal Reserve.

Imbal hasil Treasury 10-tahun turun lebih dari 9 basis poin menjadi 4,617%.
Imbal hasil Treasury 2-tahun hampir 4 basis poin lebih rendah pada 5,03%.

Investor mempertimbangkan prospek suku bunga menyusul pernyataan pejabat Fed dan data inflasi terbaru. Presiden Federal Reserve Philadelphia Patrick Harker mengatakan pada hari Jumat pagi bahwa ia berpikir bank sentral dapat “menahan suku bunga di mana mereka berada.”

Indeks harga konsumen untuk bulan September, yang diterbitkan pada hari Kamis, sedikit lebih tinggi dari perkiraan sebesar 0,4% pada basis bulanan dan 3,7% pada basis tahunan. Ekonom yang sebelumnya disurvei oleh Dow Jones memperkirakan kenaikan masing-masing sebesar 0,3% dan 3,6%.

Pada awal minggu ini, indeks harga produsen di bulan September, yang mencerminkan perubahan harga di tingkat grosir, juga berada di atas ekspektasi.

Hal ini terjadi seiring meningkatnya ketidakpastian mengenai rencana kebijakan moneter The Fed dalam beberapa pekan terakhir karena para pengambil kebijakan tampaknya memiliki pandangan berbeda mengenai apakah suku bunga masih perlu dinaikkan lebih tinggi.

Lonjakan imbal hasil Treasury baru-baru ini mendorong berbagai pejabat untuk menyarankan bahwa suku bunga telah dinaikkan secukupnya untuk meringankan perekonomian dan mendinginkan inflasi, namun pihak lain lebih berhati-hati dan mencatat bahwa hal ini akan bergantung pada bagaimana inflasi berkembang.

Dua pertemuan bank sentral masih tersisa tahun ini, yang pertama pada 31 Oktober dan 1 November dan yang kedua pada bulan Desember. Pasar saat ini memperkirakan hanya ada sedikit peluang kenaikan suku bunga di bulan November.

Pada hari Jumat, investor akan mengamati angka harga impor dan ekspor bulan September, serta laporan awal sentimen konsumen bulan Oktober dari University of Michigan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, imbal hasil Treasury AS akan mencermati data Michigan Consumer Sentiment, yang jika menurun akan menekan imbal hasil Treasury AS.