Bursa Jepang Senin Berakhir Turun Menjelang Keputusan Suku Bunga BOJ

361

(Vibiznews – Index) Bursa Jepang berakhir turun hari Senin, membalikkan keuntungan dari sesi sebelumnya menjelang keputusan kebijakan suku bunga Bank of Japan.

Indeks Nikkei 225 turun 0,95% menjadi ditutup pada 30.697 sementara Indeks Topix yang lebih luas melemah 1,04% menjadi 2.231.

Tingkat inflasi inti Jepang tetap berada di atas target bank sentral selama delapan belas bulan berturut-turut pada bulan September, sehingga menjaga BOJ di bawah tekanan untuk menormalisasi pengaturan moneter.

Secara eksternal, data ekonomi AS yang lebih kuat dari perkiraan memperkuat pandangan suku bunga jangka panjang yang lebih tinggi, sehingga menekan ekuitas secara global.

Penurunan signifikan terlihat dari indeks kapital besar seperti Toyota Motor (-2.4%), Sumitomo Mitsui (-2.6%), Mitsubishi UFJ (-2%), Mitsubishi Corp (-1.8%), Mitsui & Co (-1.9%) dan Hoya Corp (-1,2%).

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Jepang akan mencermati hasil penutupan bursa Wall Street dan data ekonomi Jepang seperti Unemployment Rate, Jobs ratio, Produksi Industri, Retail Sales bulan September, demikian juga pertemuan kebijakan penetapan suku bunga BOJ, yang jika memberikan sentimen positif, akan menguatkan bursa Jepang. Sebaliknya jika memberikan sentimen negatif akan menekan bursa Jepang.