Bursa Jepang Selasa Ditutup Naik Setelah BOJ Pertahankan Suku Bunga

379

(Vibiznews – Index) Bursa Jepang berakhir naik pada hari Selasa, membalikkan penurunan dari sesi sebelumnya karena Bank of Japan sebagian besar mempertahankan sikap kebijakan yang akomodatif, meskipun membuat penyesuaian lebih lanjut terhadap pengendalian kurva imbal hasil (yield).

Indeks Nikkei 225 naik 0,53% menjadi ditutup pada 30.859, sedangkan Indeks Topix naik 1,01% menjadi 2.254.

Bank sentral Jepang memperluas kisaran target imbal hasil JGB 10-tahun menjadi +/- 1% dari 0,5%, menghapus penyebutan operasi pembelian JGB dengan suku bunga tetap harian dan merevisi prospek inflasi ke atas.

Namun, pasar mengabaikan langkah hawkish tersebut karena para pedagang memperkirakan BOJ akan mengisyaratkan penghapusan seluruh kebijakan pengendalian kurva imbal hasil.

Kenaikan penting terlihat dari indeks kapital besar seperti Mitsubishi UFJ (2,2%), Sumitomo Mitsui (1,4%), Oriental Land (2,8%), Keyence (1,5%) dan Japan Post Bank (3,6%).

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Jepang akan mencermati hasil penutupan bursa Wall Street, yang jika berakhir menguat akan memberikan sentimen positif bagi bursa Jepang. Sebaliknya jika hasil penutupan Bursa Wall Street menurun, akan memberikan sentimen negatif bagi bursa Jepang.