Penawaran ORI024 Berakhir Hari Ini, Animo Masyarakat Cukup Tinggi

318
Pemerintah Raup Hasil Penjualan ORI024 Sebesar Rp 14,5 Triliun
Sumber: Kemenkeu

(Vibiznews – Bonds & Mutual Fund) – Penawaran Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI024 yang memiliki tenor tiga tahun (ORI024T3) dan tenor enam tahun ORI024T6 berakhir hari ini (2/11).

Sejumlah bank sebagai mitra distribusi pemerintah mengaku animo masyarakat cukup tinggi terhadap surat utang ritel ini.

Daniel Arifin, Head of Investment Business Bank Commonwealth mengatakan, penjualan ORI024 di Bank Commonwealth hingga minggu ketiga masa penawaran sesuai target. Meskipun bank ini enggan menyebutkan nilai realisasi penjualan.

Sejauh ini kami melihat animo masyarakat masih cukup tinggi untuk SBN Ritel seri ORI024 ini. Meskipun angkanya tidak setinggi pada saat periode pemasaran seri SBN Ritel sebelumnya. Hal ini sehubungan dengan yield obligasi yang mengalami kenaikan selama periode pemasaran ORI024,” ujar Daniel, Rabu (1/11).

Sementara Bank Mandiri Tbk (BMRI) mencatatkan perolehan penjualan ORI024 lebih dari Rp 2,5 triliun sejak awal periode pemesanan hingga 1 November 2023. Hal itu disampaikan oleh Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha.

Dalam upaya mendorong minat investor, Bank Mandiri telah melakukan beberapa strategi promosi. Salah satunya melalui iklan berbasis online termasuk mengoptimalisasikan saluran komunikasi Bank Mandiri.

“Kami juga menyelenggarakan berbagai sosialiasi secara aktif untuk mengedukasi nasabah terkait produk SBN ritel. Berbagai program menarik juga telah kami siapkan untuk mendorong nasabah melakukan pembelian SBN Ritel.

Dengan mudah nasabah dapat melakukan transaksi melalui fitur Livin’ Investasi di super app Livin’ by Mandiri,” kata Rudi, Rabu (1/11).

Sebagai informasi, setelah penutupan penawaran, pemerintah akan menetapkan hasil penjualan pada 6 November dan melakukan setelmen pada 8 November 2023.

Bagi investor yang memegang obligasi ini, akan mendapatkan pembayaran kupon pertama kali pada 15 Desember 2023. Yang akan dibayarkan tanggal 15 setiap bulan. Tingkat kupon ORI024T3 sebesar 6,10% per tahun dan ORI024T6 sebesar 6,35% per tahun.

Menurut Analis Vibiz Research tingginya animo masyarakat atas ORI024 karena tingkat kupon yang dibayarkan cukup tinggi.Bahkan lebih tinggi dari rata-rata bunga deposito BUMN. Selain itu fitur ORI024 menarik lainnya adalah kupon dibayar setiap bulan, kupon dengan tingkat bunga tetap sampai pada waktu jatuh tempo.

Hal menarik lainnya, bagi para investor, investasi pada ORI024 aman karena kupon dan pokok dijamin oleh Undang-Undang. Lagi pula dapat diperdagangkan di pasar sekunder (antar investor domestik).

Belinda Kosasih/ Partner of Banking Business Services/Vibiz Consulting