Indeks Hang Seng Senin Ditutup Menguat Didukung Kenaikan Semua Sektor

463
hang seng

(Vibiznews – Index) Bursa saham Hong Kong berakhir naik pada hari Senin, terpicu meningkatnya optimisme bahwa penurunan inflasi di AS memberikan sentimen The Fed mengakhiri kenaikan suku bunga selanjutnya.

Indeks Hang Seng melonjak 274,56 poin atau 1,58% menjadi berakhir pada 17,227.28.

Sementara itu, bank sentral Tiongkok mempertahankan suku bunga pinjaman tetap stabil pada penetapan bulan November, seperti yang diperkirakan, di tengah beragamnya aktivitas ekonomi bulan lalu dan kebutuhan untuk menilai dampak stimulus sebelumnya.

Sementara itu, pemimpin Tiongkok Xi Jinping membujuk Presiden AS Biden dalam pertemuan mereka pekan lalu untuk mencabut sanksi dan mengubah kebijakan mengenai kontrol ekspor peralatan sensitif.

Kenaikan bursa Hong Kong didukung semua sektor, dengan saham-saham penggerak utama adalah Citic Ltd. (6,8%), JD Health Intl. (5.4%), Manufaktur Semikonduktor (3.5%), Tencent Hlds. (3,4%), dan China Tower Corp (2,6%).

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Hong Kong akan mencermati hasil penutupan bursa Wall Street yang jika berakhir naik, akan memberikan sentimen positif bagi bursa Hong Kong. Namun sebaliknya, jika ditutup turun, akan dapat menekan bursa Hong Kong.