Imbal Hasil Treasury AS Senin Bergerak Naik Tipis, Masih Dibayangi Sentimen Bearish

308

(Vibiznews – Bonds) Imbal hasil Treasury AS bergerak naik tipis pada hari Senin karena investor mempertimbangkan prospek ekonomi dan menilai kemungkinan berakhirnya siklus kenaikan suku bunga Federal Reserve.

Imbal hasil Treasury 10-tahun bergerak naik 4 basis poin lebih menjadi 4,482%. Imbal hasil Treasury 10-tahun ini sempat menyentuh level terendah sejak September dengan 4,379% pada hari Jumat.

Imbal hasil Treasury 2-tahun sedikit berubah pada 4,911%.

Investor menilai prospek perekonomian dan kebijakan moneter Federal Reserve seiring dengan meningkatnya harapan bahwa bank sentral akan menghentikan kenaikan suku bunga dalam beberapa minggu terakhir.

Hal ini terjadi setelah indeks harga produsen dan konsumen lebih rendah dari perkiraan pada minggu lalu, menunjukkan bahwa inflasi sedang mereda dan kenaikan suku bunga The Fed mempunyai efek yang diharapkan yaitu mendinginkan perekonomian.

The Fed akan mengadakan pertemuan sekali lagi pada bulan Desember tahun ini dan pasar secara luas memperkirakan suku bunga tidak akan berubah pada saat itu.

Investor sedang mempertimbangkan kapan The Fed akan mulai menurunkan suku bunga.

Risalah pertemuan terakhir The Fed awal bulan ini akan dirilis pada hari Selasa dan dapat menjelaskan pertimbangan dan ekspektasi bank sentral. Tidak ada data penting yang diharapkan pada hari Senin.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, imbal hasil Treasury AS dibayangi sentimen bearish The Fed akan menghentikan kenaikan suku bunga selanjutnya merespon data inflasi AS yang menurun.