Bursa Saham Jepang Senin Ditutup Turun; Saham Mistsubishi dan Toyota Merosot

328

(Vibiznews – Index) Bursa saham Jepang ditutup turun pada hari Senin, menghentikan kenaikan dua hari dengan menantikan lebih banyak data di Jepang minggu ini untuk memberikan arahan prospek kebijakan ekonomi dan moneter dalam negeri.

Indeks Nikkei 225 turun 0,53% menjadi ditutup pada 33.447. Sedangkan Indeks Topix turun 0,38% menjadi 2.382 pada hari Senin.

Pekan lalu tingkat inflasi Jepang menunjukkan peningkatan menjadi 3,3% di bulan Oktober dari 3% di bulan September, yang merupakan angka tertinggi sejak bulan Juli.

Angka-angka awal juga menunjukkan bahwa aktivitas bisnis di Jepang melambat ke level terendah dalam 11 bulan pada bulan November di tengah terus melemahnya sektor manufaktur.

Kerugian signifikan terlihat dari indeks kapital besar seperti Mitsubishi Heavy Industries (-5%), Toyota Motor (-1.2%), SoftBank Gorup (-1.7%), Keyence (-1.9%) dan Disco Corp (-1.3%).

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Jepang akan mencermati hasil penutupan bursa Wall Street yang jika berakhir naik akan memberikan sentimen positif bagi bursa Jepang. Namun sebaliknya jika bursa Wall Street berakhir lemah akan menekan bursa Jepang.