Bursa Hong Kong Senin Berakhir Turun; Semua Sektor Ditutup di Zona Merah

491
Foto : Vibizmedia

(Vibiznews – Index) Bursa Hong Kong hari Senin berakhir lemah, mundur dari puncak 2 minggu dengan semua sektor berakhir di zona merah terpengaruh pernyataan pejabat Fed AS di akhir pekan yang menolak spekulasi penurunan suku bunga secara cepat pada tahun depan.

Indeks Hang Seng kehilangan 162,92 poin atau 0,97% menjadi ditutup pada 16.629,24.

Kehati-hatian juga meningkat menjelang penetapan suku bunga utama pinjaman di China pada bulan Desember. Pada bulan November, bank sentral negara tersebut mempertahankan suku bunga utama pinjaman 1 tahun sebesar 3,45% untuk bulan ketiga dan mempertahankan suku bunga LPR 5 tahun sebesar 4,2% selama lima bulan berturut-turut.

Yang membatasi penurunan adalah laporan bahwa regulator sekuritas China telah mendesak perusahaan untuk meningkatkan dividen dan pembelian kembali.

Sementara itu, pihak berwenang di Beijing dan Shanghai pekan lalu melonggarkan pembatasan pembelian rumah untuk memacu permintaan.

Saham SenseTime Group, sebuah perusahaan AI, anjlok 11,1% setelah berita pendiri perusahaan tersebut meninggal. Sementara itu, KE Bertahan. merosot 3.8%, sementara China Mengniu Dairy, ZTO Express, dan Li Auto masing-masing turun 3.7%, 3.3%, dan -3.2%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Hong Kong akan mencermati hasil penutupan bursa Wall Street, jika berakhir naik, akan dapat memberikan sentimen positif bagi bursa Hong Kong. Namun jika ditutup turun, akan dapat menekan bursa Hong Kong. Juga akan mencermati perkembangan ekonomi China, yang jika datang sentimen negatif tentang ekonomi China, akan dapat menekan bursa Hong Kong.