Bursa Jepang Rabu Berakhir Naik Terdukung Sikap Dovish BOJ; Saham Kapital Besar Menguat

353
nikkei

(Vibiznews – Index) Bursa saham Jepang berakhir naik pada hari Rabu, melanjutkan kenaikan dari sesi sebelumnya karena Bank of Japan tidak mengubah kebijakan moneter ultra-longgarnya dan menahan diri untuk tidak memberikan komentar untuk kemungkinan perubahan tahun depan.

Indeks Nikkei 225 melonjak 1,37% menjadi ditutup pada 33.676, sedangkan Indeks Topix yang lebih luas ditutup naik 0,67% menjadi 2.349.

Gubernur BOJ Kazuo Ueda juga memberikan nada yang lebih dovish dari yang diperkirakan dalam konferensi pers pasca pertemuan, dengan mengatakan bank sentral tidak akan ragu untuk mengambil langkah pelonggaran tambahan jika diperlukan.

Kenaikan bursa saham Jepang juga mengikuti kenaikan di Wall Street semalam dengan investor memperkirakan bahwa Federal Reserve AS akan mulai memotong suku bunganya tahun depan.

Hampir semua sektor naik, dengan kenaikan yang kuat dari indeks kapital besar seperti Kawasaki Kisen (5.6%), Nippon Yusen (32%), Fast Retailing (3.9%), Shin-Etsu Chemical (4.1%) dan Nippon Steel (1.6). %).

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Jepang akan mencermati hasil penutupan bursa Wall Street, yang jika berakhir naik, akan memberikan sentimen positif bagi bursa Jepang. Namun jika bursa Wall Street berakhir turun, dapat memberikan tekanan bagi bursa Jepang.