Bursa Eropa Akhir Pekan Berakhir Naik Terdukung Penurunan Inflasi Produsen AS

239

(Vibiznews – Index) Bursa Eropa ditutup naik pada akhir pekan hari Jumat, mencerna data ekonomi baru Inggris dan penurunan inflasi produsen AS.

Indeks Stoxx 600 ditutup 0,84% lebih tinggi, dengan sebagian besar sektor diperdagangkan di wilayah positif.

Indeks FTSE 100 ditutup naik 0,64%.
Indeks DAX berakhir menguat 0,95%.
Indeks CAC 40 ditutup meningkat 1,05%.

Saham ritel naik 1,46% meskipun merek mewah Inggris Burberry diperdagangkan turun 7% setelah perusahaan mengeluarkan peringatan laba sebagai respons terhadap melambatnya permintaan, menyebabkan lini produk mewah lainnya lebih rendah pada perdagangan pagi.

Harga grosir AS, yang diukur dalam indeks harga produsen, mencatat penurunan bulanan yang tidak terduga sebesar 0,1% di bulan Desember. Harga naik 1% per tahun.

Laporan inflasi konsumen AS yang dirilis pada hari Kamis menunjukkan kenaikan harga konsumen sebesar 0,3% dalam sebulan dan 3,4% dalam setahun, lebih tinggi dari perkiraan.

Sementara itu, data baru pada hari Jumat menunjukkan bahwa perekonomian Inggris kembali tumbuh pada bulan November, dengan produk domestik bruto mengalahkan ekspektasi dan meningkat sebesar 0,3%.

Volvo Cars, yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh Geely Tiongkok, minggu depan akan menghentikan produksi di pabriknya di Gent di Belgia selama tiga hari karena penundaan yang disebabkan oleh situasi keamanan di Laut Merah, kata perusahaan itu pada hari Jumat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Eropa akan mencermati data ekonomi zona Eropa seperti Balance of Trade November dan Produksi Industri November, yang jika terealisir naik, akan menguatkan bursa Eropa. Namun juga mencermati data GDP Growth Rate Jerman Full Year 2023, yang jika terealisir turun akan memberikan sentimen negatif bagi bursa Eropa.