Ekonomi Zona Eropa Q4 2023 Terhindar Dari Resesi

209
Paris - Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Economy & Business) Ekonomi zona Eropa stabil pada kuartal keempat tahun 2023, menurut angka awal yang diterbitkan oleh badan statistik Uni Eropa pada hari Selasa.

Zona Eropa berhasil menghindari resesi dangkal seperti yang diperkirakan dalam jajak pendapat para ekonom Reuters, menyusul penurunan PDB sebesar 0,1% pada kuartal ketiga.

PDB zona euro yang disesuaikan secara musiman tidak berubah dibandingkan kuartal sebelumnya dan meningkat sebesar 0,1% dibandingkan tahun sebelumnya. Dalam perkiraan awal, kawasan euro diperkirakan akan mencatat pertumbuhan sebesar 0,5% sepanjang tahun 2023.

Zona Euro terhindar dari resesi pada akhir tahun 2023, di tengah pertumbuhan yang lebih baik dari perkiraan di Spanyol (0,6%) dan Italia (0,2%) sementara perekonomian Perancis terhenti dan Jerman, yang merupakan negara terbesar, mengalami kontraksi 0,3%.

Kontribusi positif terhadap PDB juga datang dari negara-negara kecil lainnya termasuk Portugal (0,8%), Belgia (0,4%), Latvia (0,4%) dan Austria (0,2%).

Di sisi lain, kontraksi terjadi di Irlandia (-0.7%) dan Lithuania (-0.3%).

Mengingat tahun 2023 penuh, PDB Zona Euro meningkat 0,5%. Namun demikian, prospek tahun 2024 masih tetap penuh tantangan di tengah tingginya biaya dan harga pinjaman, melemahnya permintaan domestik dan eksternal, serta lesunya sektor manufaktur, khususnya di Jerman.