Saham Alphabet Merosot Lebih 6 Persen; Pendapatan Iklan Meleset Dari Perkiraan

207

(Vibiznews – Technology) Saham Alphabet turun lebih dari 6% dalam perdagangan yang diperpanjang pada hari Selasa setelah perusahaan melaporkan pendapatan iklan yang meleset dari perkiraan analis.

Berikut rincian angka-angka pendapatan Alphabet:

Laba per saham: $1,64 vs. $1,59 yang diperkirakan oleh LSEG, sebelumnya dikenal sebagai Refinitiv.

Pendapatan: $86,31 miliar vs. $85,33 miliar yang diperkirakan oleh LSEG.

Google Cloud: $9,19 miliar vs. perkiraan $8,94 miliar, menurut StreetAccount.

Iklan YouTube: $9,2 miliar vs. perkiraan $9,21 miliar, menurut StreetAccount.

Biaya akuisisi traffic: $13,9 miliar vs. $14,1 miliar, menurut StreetAccount.

Alphabet melaporkan pertumbuhan pendapatan kuartal tercepat sejak awal 2022, dengan penjualan naik 13% dari $76,05 miliar pada tahun sebelumnya, kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

Namun, pendapatan iklan sebesar $65,52 miliar tertinggal dari perkiraan analis sebesar $65,94 miliar, menurut StreetAccount.

YouTube, yang telah membantu mendorong percepatan pertumbuhan, tidak memenuhi ekspektasi.

Meskipun hasil tersebut secara umum di atas perkiraan, tidak cukup untuk memuaskan investor, yang mendorong saham tersebut ke level tertinggi baru pada minggu lalu.

Bisnis iklan Alphabet mendapat ancaman dari kompetitor bisnis iklan Facebook yang berkembang lebih cepat, juga TikTok, ketika pengguna muda beralih ke aplikasi ini untuk membuat video pendek yang viral.

Google Cloud tetap menjadi mesin pertumbuhan, dengan ekspansi sebesar 26% pada kuartal keempat dibandingkan tahun lalu.
Perusahaan ini juga memperoleh keuntungan dari bisnis cloud, yang merugi selama bertahun-tahun karena mencoba mengimbangi Amazon
Web Services and Microsoft Azure.

Pendapatan operasional pada kuartal keempat adalah $864 juta, menyusul kerugian tahun lalu sebesar $186 juta.

CEO Alphabet Sundar Pichai terus fokus pada investasi pada kecerdasan buatan dan menanamkan alat AI generatif baru ke lebih banyak produk utama Google. Untuk mencapai hal tersebut, Pichai mengatakan perusahaannya harus melakukan PHK di tempat lain, yang berarti lebih banyak PHK dibandingkan tahun lalu yang berjumlah 12.000 PHK, yang berarti sekitar 6% dari tenaga kerja penuh waktunya.