Hang Seng Cetak Gain Terbesar dalam 6 Bulan Lebih, di-Support Lonjakan Saham Alibaba

314
hang seng

(Vibiznews – Indeks) – Bursa saham Hong Kong menguat pada hari Selasa (6/2/2024), menghentikan kerugian dua hari berturut sebelumnya, setelah regulator sekuritas Tiongkok memberikan rincian membantu meningkatkan pasar saham.

Indeks Hang Seng rebound dari posisi terendah sepekan lebih dan cetak gain terbesar dalam 6 bulan lebih, juga di-support lonjakan saham Alibaba Holdings hingga 7% lebih.

Komisi Regulasi Sekuritas Tiongkok mengumumkan sejumlah langkah untuk mengekang short-selling, termasuk menahan pialang untuk meminjamkan saham yang dipinjam dan membatasi pembiayaan kembali sekuritas.

Menambah optimisme  sentimen adalah pengumuman Central Huijin Investment milik negara yang akan meningkatkan ETF berbasis indeks atau dana  di bursa.

Indeks Hang Seng ditutup melonjak 4% pada posisi 16,136.87 dan indeks saham Cina Enterprise (HSCE) melonjak 4,9% menjadi 5.473,75.

Namun untuk indeks Hang Seng berjangka bulan Februari 2024 bergerak positif dengan melonjak naik 3,80% di posisi 16180.

Lonjakan saham Grup Alibaba terjadi setelah raksasa internet tersebut  berencana mendivestasi unit-unit yang merugi dan mengalihkan fokus kembali ke bisnis intinya.

Saham besar yang juga support Hang Seng seperti Manufaktur Semikonduktor (9,4%), Li Auto (7,6%), dan Citic Limited (7,5%).