Bursa Eropa Akhir Pekan Berakhir Naik Terdukung Kenaikan Saham Pertambangan

191
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa saham Eropa ditutup lebih tinggi pada akhir pekan hari Jumat.

Indeks Stoxx 600 berakhir naik 0,62%, dengan bursa-bursa besar dan sebagian besar sektor berada di wilayah positif. Saham pertambangan memimpin kenaikan pada hari Jumat, naik lebih dari 2,5%.

Indeks FTSE 100 berakhir naik 1.5%
Indeks DAX ditutup naik 0,42%
Indeks CAC 40 berakhir menguat 0,32%

Penjualan ritel Inggris lebih kuat dari perkiraan, sebuah sinyal yang sangat dibutuhkan bagi perekonomian dimana data pada hari Kamis menunjukkan telah memasuki resesi teknis.

Penjualan naik 3,4% bulan ke bulan, menurut Kantor Statistik Nasional, lebih tinggi dari perkiraan pertumbuhan 1,5% dalam jajak pendapat para ekonom Reuters. Ini adalah kenaikan bulanan terbesar sejak April 2021, dan mengikuti rekor penurunan pada bulan Desember yang memukul pengecer selama bulan liburan penting.

Aliran pendapatan melambat pada hari Jumat, meskipun bank NatWest membukukan peningkatan laba sebelum pajak setahun penuh sebesar 20%, melebihi ekspektasi, dan penurunan margin bunga bersih. Saham dibuka lebih rendah sebelum rebound ke kenaikan 6%.

Saham yang terdaftar di London melonjak menuju puncak patokan Eropa karena berita tersebut.

Sementara itu, saham Temenos tergelincir lebih dari 6%, memperpanjang penurunan tajam dari sesi sebelumnya.

Saham NatWest naik 5% pada transaksi pertengahan pagi di London, setelah bank Inggris tersebut membukukan laba sebelum pajak sebesar 6,2 miliar pound ($7,81 miliar) untuk tahun 2023, lebih baik dari perkiraan analis, menurut Reuters.

Saham-saham Eropa dibuka lebih tinggi pada hari Jumat, mengakhiri minggu yang kuat dimana investor memantau sejumlah pendapatan dan data.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Eropa akan mencermati pergerakan saham-saham perusahaan dan pergerakan bursa saham AS dan Asia, yang dapat memberikan pengaruh bagi bursa Eropa.