Imbal Hasil Treasury AS Jumat Turun Mencermati Proyeksi Penurunan Suku Bunga The Fed

327

(Vibiznews – Bonds) Imbal hasil Treasury AS turun pada hari Jumat, mencermati pernyataan Federal Reserve yang akan menurunkan suku bunga tahun ini dan mempertimbangkan kapan waktu penurunan suku bunga tersebut.

Imbal hasil Treasury 2 tahun turun hampir 4 basis poin lebih rendah pada 4,596%.
Imbal hasil Treasury 10-tahun turun hampir 6 basis poin menjadi 4,212%.

The Fed mempertahankan suku bunga tidak berubah pada akhir pertemuan kebijakannya minggu ini, namun memperkirakan kemungkinan penurunan suku bunga sebanyak tiga kali pada tahun ini, yang sejalan dengan perkiraan bank sentral sebelumnya.

Investor khawatir bahwa The Fed akan mengurangi jumlah pemotongan tersebut karena data ekonomi terbaru menunjukkan bahwa inflasi mungkin lebih persisten dibandingkan perkiraan sebelumnya.

Namun selanjutnya The Fed tidak memberikan kejelasan lebih lanjut mengenai kemungkinan jangka waktu penurunan suku bunga.

Pasar memperkirakan kemungkinan lebih dari 90% bahwa bank sentral akan mempertahankan suku bunga tidak berubah pada pertemuan berikutnya pada tanggal 30 April-1 Mei, namun ada sekitar 72% kemungkinan penurunan suku bunga pada bulan Juni menurut alat FedWatch CME.

The Fed menegaskan kembali bahwa data ekonomi akan menjadi penanda utama kapan suku bunga akan diturunkan dan mengatakan bahwa perkiraannya didasarkan pada perkembangan ekonomi sesuai perkiraan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, imbal hasil Treasury masih akan dibayangi sentimen bearish perkiraan penurunan suku bunga oleh The Fed sebanyak tiga kali tahun ini, kecuali ada data ekonomi yang baik dan inflasi yang meningkat yang dapat menunda pemotongan suku bunga AS lebih lanjut.