Imbal Hasil Treasury AS Selasa Melonjak Seiring Meredanya Perkiraan Penurunan Suku Bunga AS

286

(Vibiznews – Bonds) Imbal hasil Treasury 10-tahun AS melonjak pada hari Selasa menilai kembali kemungkinan penurunan suku bunga Federal Reserve pada bulan Juni.

Imbal hasil Treasury 10 tahun naik hampir 7 basis poin menjadi 4,397%, diperdagangkan pada level tertinggi sejak 28 November. Imbal hasil Treasury 2 tahun naik hampir 1 basis poin menjadi 4,726%.

Pergerakan ini terjadi setelah manufaktur di AS berekspansi untuk pertama kalinya dalam 17 bulan, menurut data yang dirilis Senin oleh Institute for Supply Management. Indeks manufaktur ISM naik menjadi 50,3, naik dari 47,8 pada bulan Februari dan secara signifikan lebih baik dari perkiraan konsensus Dow Jones sebesar 48,1. Indeks ini mengukur persentase perusahaan yang melaporkan ekspansi dibandingkan kontraksi, jadi angka di atas 50 menunjukkan pertumbuhan.

Peluang penurunan suku bunga pada bulan Juni berdasarkan perdagangan berjangka The Fed kini turun menjadi sekitar 58,8%, turun dari sekitar 70% pada minggu lalu, karena investor tetap berhati-hati terhadap arah penurunan suku bunga ke depan.

The Fed mempertahankan suku bunga tidak berubah untuk kelima kalinya berturut-turut, sesuai dengan ekspektasi, pada bulan lalu, mempertahankan suku bunga acuan di kisaran 5,25%-5,5%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, imbal hasil Treasury AS akan bergerak naik dengan meredanya perkiraan penurunan suku bunga AS.