Bursa Eropa Kamis Ditutup Naik; Saham Maskapai Penerbangan Menguat

119

(Vibiznews – Index) Bursa Eropa ditutup naik pada hari Kamis, terpicu spekulasi penurunan suku bunga pertama oleh Bank Sentral Eropa.

Indeks Stoxx 600 berakhir 0,3% lebih tinggi, dengan sektor-sektor beragam. Perbankan memimpin dengan kenaikan 1,6%, sementara saham minyak dan gas turun 1,46% menyusul penurunan tajam harga minyak pada hari Rabu. Saham-saham teknologi juga diperdagangkan di zona merah.

Indeks FTSE 100 ditutup naik 0,37%.
Indeks berakhir menguat 0,38%.
Indeks CAC 40 ditutup meningkat 0,52%.

Harga minyak yang turun mendorong kenaikan saham maskapai penerbangan dan easyJet melaporkan hasil di atas ekspektasi.
Lufthansa mengakhiri hari sekitar 5,6% lebih tinggi.

Sementara itu, ABB Swiss naik 6,26% karena laba operasional yang melampaui ekspektasi.

Di sisi lain Stoxx 600, perusahaan biofarmasi Inggris Sartorius Stedim turun 13% setelah melaporkan penurunan penjualan dan laba bersih kuartal pertama.

Pembuat kebijakan ECB François Villeroy de Galhau menyatakan bahwa bank sentral harus memangkas suku bunga pada bulan Juni untuk menghindari tertinggal dari kurva inflasi.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Eropa akan mencermati data Retail Sales Inggris Maret yang jika terealisir naik, akan menguatkan bursa Eropa. Juga sentimen penurunan suku bunga zona Eropa bulan Juni, akan menguatkan bursa Eropa.