Bursa Eropa Rabu Ditutup Naik Mencerna Laporan Pendapatan Perusahaan

131
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa saham Eropa ditutup naik pada hari Rabu mencerna lebih banyak laporan pendapatan.

Indeks Stoxx 600 Eropa berakhir naik 0,3%, dengan sebagian besar sektor dan bursa utama berada di wilayah positif. Saham makanan dan minuman naik 1,8%, sementara saham pertambangan merosot 1,3%.

Indeks FTSE 100 berakhir naik 0,49%.
Indeks DAX ditutup menguat 0.37%.
Indeks CAC 40 berakhir meningkat 0,69%.

Saham BMW turun 3% setelah perusahaan melaporkan margin keuntungan kuartal pertama yang lebih rendah di tengah biaya yang lebih tinggi dan permintaan yang lemah terhadap mobil mewahnya.

Sementara itu, saham Siemens Energy Jerman melonjak 12,8% setelah perusahaan menaikkan prospek tahun 2024 didukung kekuatan dalam bisnis jaringan listriknya.

Alstom, Skanska, ABInbev, Swatch Group dan Munich Re termasuk di antara perusahaan lain yang melaporkan pada hari Rabu.

Di tempat lain, bank sentral Swedia memangkas suku bunga untuk pertama kalinya dalam delapan tahun pada hari Rabu yang merupakan tanda lain dari perbedaan kebijakan moneter antara AS dan Eropa.

Saham Puma naik hampir 11% pada hari Rabu setelah pengecer olahraga Jerman tersebut melaporkan pendapatan kuartal pertama sesuai dengan ekspektasi dan memperkirakan meningkatnya permintaan untuk sepatu kets retro Palermo.

Harga saham, yang terakhir terlihat naik 10,9%, berada di jalur menuju hari terbaiknya sejak Maret 2022, menurut Reuters.

Sementara itu, saham retail fashion Jerman Zalando turun 3,9% setelah melaporkan penurunan penjualan kuartal pertama pada hari Selasa.

Bank sentral Swedia memangkas suku bunga untuk pertama kalinya dalam delapan tahun pada hari Rabu yang merupakan tanda lain dari perbedaan kebijakan moneter antara AS dan Eropa.

Riksbank memangkas suku bunga utamanya sebesar 0,25 poin persentase menjadi 3,75% dan mengatakan bahwa dua pemotongan lagi dapat diperkirakan terjadi jika inflasi terus menunjukkan tanda-tanda pelonggaran.

Laba BMW sebelum pajak margin di divisi mobilnya turun menjadi 8,8% dari kuartal yang sama tahun lalu dan analis memperkirakan sebesar 9,2%.

Saham Siemens Energy Jerman melonjak 9,5% pada transaksi pagi setelah menaikkan prospek tahun 2024 didukung kekuatan bisnis jaringan listriknya.

Saat mengumumkan pendapatan kuartal kedua pada hari Rabu, perusahaan mengatakan mereka sekarang memperkirakan pendapatan akan tumbuh sebesar 10%-12% pada tahun 2024.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Eropa akan mencermati pernyataan pejabat ECB, keputusan suku bunga BOE dan hasil penutupan bursa Wall Street.