Hang Seng Sepekan Alami Kerugian, Data Kondisi Bisnis Hong Kong Memburuk

231
hang seng

(Vibiznews – Indeks) – Bursa saham Hong Kong alami kerugian harian terbesar dalam sepekan pada perdagangan hari Jumat (7/6/2024) oleh laporan memburuknya kondisi bisnis di kota tersebut. berita larangan ekspor perusahaan baterai Tiongkok ke Amerika Serikat.

Indeks harian Hang Seng anjlok ke terendah dalam sepekan, demikian dalam sepekan alami kerugian lanjutan setelah pekan lalu anjlok cukup signifikan.

Hari ini laporan ekonomi Hong Kong mengecewakan seperti data PMI periode bulan Mei yang menunjukkan performa bisnis swasta alami kontraksi, demikian penyelesaian rumah pribadi di Hong Kong April turun 54,8% dari bulan sebelumnya.

Sentimen juga dibebani oleh pemberitaan media bahwa sekelompok anggota parlemen AS mendorong untuk melarang perusahaan baterai Tiongkok yang memiliki hubungan dengan Ford dan Volkswagen untuk mengekspor ke Amerika Serikat.

Indeks Hang Seng turun 0,59% ke posisi 18,366.95 dan indeks saham Cina Enterprise (HSCE) turun 0,68% menjadi 6.510,37.

Untuk indeks Hang Seng berjangka bulan Juni 2024 bergerak positif dengan anjlo 0,80% di posisi 18273.

Saham – saham besar yang lemahkan Hang Seng seperti Tencent Holdings merosot 2.2%, Lenovo Group (-6.3%), Haidilao Intl. (-6,0%), dan BYD Elektronik (-4,9%).