Bursa Eropa Senin Berakhir Positif; Sektor Perbankan Melonjak Tinggi

122
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa saham Eropa berakhir positif pada hari Senin, menantikan data ekonomi baru dan keputusan suku bunga dari kawasan Euro.

Indeks Stoxx 600 ditutup 0,8% lebih tinggi, dengan semua bursa utama dan sebagian besar sektor diperdagangkan di zona hijau. Sektor Perbankan bertambah 1,9% sementara teknologi turun 0,7%.

Indeks FTSE 100 berakhir naik 0,53%.
Indeks DAX ditutup menguat 0,89%.
Indeks CAC 40 berakhir meningkat 1,03%.

Indeks DAX Jerman berakhir lebih tinggi bahkan setelah Ifo Institute merilis survei yang menemukan sentimen bisnis negara tersebut telah memburuk pada bulan Juni. Ekspektasi menjadi lebih pesimis karena perekonomian berjuang untuk keluar dari stagnasi.

Sementara itu raksasa konstruksi Jerman Hochtief menjadi yang berkinerja terbaik di Stoxx, naik hampir 10%, setelah analis di Jefferies meningkatkan sahamnya menjadi “beli”.

Pasar Eropa mengalami minggu perdagangan yang berombak pada minggu lalu karena investor menilai sejumlah keputusan bank sentral dan rilis data, termasuk penurunan suku bunga oleh bank sentral Swiss dan penahanan suku bunga oleh Bank of England.

Rilis data yang perlu diperhatikan mencakup data produk domestik bruto dari Spanyol pada hari Selasa dan Italia pada hari Jumat. Sentimen global juga akan dipengaruhi oleh indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi AS, yang merupakan ukuran inflasi pilihan Federal Reserve, yang dirilis pada hari Jumat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Eropa akan mencermati pergerakan bursa Asia dan AS yang akan dipengaruhi pernyataan para pejabat Fed, yang jika memberikan hasil positif, akan menguatkan bursa saham Eropa.