Dolar AS Selasa Berakhir Naik Terdukung Komentar Hawkish Pejabat Fed

126

(Vibiznews – Forex) Indeks dolar AS pada hari Selasa berakhir naik terdukung komentar hawkish dari pejabat Fed.

Indeks dolar AS ditutup naik 0,15% pada $105,67.

Gubernur Fed Bowman mengatakan melihat sejumlah risiko positif terhadap prospek inflasi, dan menyatakan masih belum pada titik di mana waktu yang tepat untuk menurunkan suku bunga.

Bowman menambahkan tidak melihat adanya penurunan suku bunga oleh The Fed tahun ini dan mengubah prospek penurunan suku bunganya ke tahun 2025.

Selain itu, laporan harga rumah dan kepercayaan konsumen AS yang lebih kuat dari perkiraan memberikan sikap hawkish terhadap kebijakan Fed dan bullish untuk dolar.

Dolar turun kembali dari level terbaiknya pada hari Selasa setelah Gubernur Fed Cook mengatakan akan tepat bagi Fed untuk menurunkan suku bunganya “pada titik tertentu.” Namun waktu penyesuaian tersebut akan bergantung pada bagaimana data ekonomi berkembang dan dampaknya terhadap prospek perekonomian dan keseimbangan risiko.

Indeks kepercayaan konsumen Conference Board AS bulan Juni turun -0,9 menjadi 100,4, sedikit lebih kuat dari ekspektasi 100,0.

Indeks harga rumah komposit-20 S&P CoreLogic AS bulan April turun menjadi +7,20% tahun/tahun dari +7,46% tahun/tahun di bulan Maret, lebih kuat dari ekspektasi +7,00% tahun/tahun.

Survei manufaktur Richmond Fed AS bulan Juni turun -10 hingga -10, lebih lemah dari ekspektasi -3.

Indeks aktivitas nasional Chicago Fed AS bulan Juni secara tak terduga naik +0,44 menjadi 0,18, lebih kuat dari ekspektasi penurunan ke -0,25.

Pasar memperkirakan kemungkinan penurunan suku bunga -25bp sebesar 10% pada pertemuan FOMC pada 30-31 Juli dan 65% pada pertemuan berikutnya pada 17-18 September.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya dolar AS dapat naik dengan sinyal hawkish pejabat Fed. Namun masih akan dicermati lagi pernyataan pejabat Fed selanjutnya, yang jika kembali memberikan sentimen hawkish bagi suku bunga, akan menguatkan dolar AS. Indeks dolar AS diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $105,84-$106,02. Namun jika turun, akan bergerak dalam kisaran Support $105,43-$105,20.