Indeks Harga Pengeluaran Konsumsi Pribadi (PCE) AS Bulan Mei Melambat Sesuai Perkiraan Pasar

229
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Economy & Business) Indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi (PCE) inti AS, ukuran pilihan Federal Reserve untuk mengukur inflasi mencapai 0,1% pada bulan Mei 2024, melambat dari 0,3% pada bulan sebelumnya. Angka ini merupakan kenaikan paling lemah sejak November 2023 dan sesuai ekspektasi pasar sebesar 0,1%.

Sedangkan secara tahunan, inflasi PCE inti melambat menjadi 2,6% di bulan Mei Mei 2024, terendah sejak Maret 2021, turun dari 2,8% pada bulan April dan sesuai dengan perkiraan pasar.

Sementara itu, indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi (PCE) di AS tidak berubah pada bulan Mei dari bulan April 2024, dan melambat dari kenaikan 0,3% pada bulan April, sejalan dengan perkiraan pasar. Harga barang turun 0,4% dan harga jasa naik 0,2%.

Sedangkan secara tahunan, inflasi PCE di AS turun menjadi 2,6% pada Mei 2024 dari 2,7% dari bulan sebelumnya, sejalan dengan perkiraan pasar.

Dari angka indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi (PCE) dan PCE inti, baik secara bulanan maupun tahunan sesuai perkiraan pasar dan menunjukkan perlambatan dari bulan sebelumnya, bisa menjadi pertimbangan bagi The Fed untuk menurunkan suku bunga tahun ini, dimana para pejabat The Fed mengatakan bahwa mereka perlu merasa yakin bahwa inflasi melambat secara berkelanjutan menuju target 2% sebelum mereka mulai menurunkan suku bunga.

Pemotongan suku bunga oleh The Fed, yang menurut sebagian besar ekonom dapat dimulai pada bulan September.

The Fed cenderung memilih ukuran inflasi yang dikeluarkan pemerintah pada hari Jumat – indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi – dibandingkan indeks harga konsumen yang lebih dikenal. Indeks PCE mencoba memperhitungkan perubahan cara masyarakat berbelanja ketika inflasi melonjak. Hal ini dapat terjadi, misalnya, ketika konsumen beralih dari merek nasional yang mahal ke merek toko yang lebih murah.