Kinerja Bursa Wall Street Semester Pertama 2024 Melonjak Terdukung Antusiasme Saham Kecerdasan Buatan

211

(Vibiznews – Index) Bursa saham Wall Street berakhir melemah pada akhir pekan hari Jumat mencerna data PCE Price Index bulan Mei AS yang mengindikasikan perlambatan inflasi, serta angka sentimen konsumen yang lebih baik dari perkiraan.

Indeks S&P 500 turun 0,41% menjadi ditutup pada 5.460,48, sedangkan Nasdaq Composite turun 0,71%, berakhir pada 17.732,60. Kedua indeks tersebut mencapai tertinggi intraday baru sepanjang masa di awal sesi sebelum mundur.
Indeks Dow Jones turun 45.20 poin, atau 0.12%, menjadi berakhir di 39,118.86.

Indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi inti, tidak termasuk harga pangan dan energi yang lebih fluktuatif, hanya naik 0,1% pada bulan lalu dan 2,6% dari tahun sebelumnya. Kedua estimasi tersebut sejalan dengan estimasi konsensus Dow Jones. Indeks PCE inti adalah ukuran inflasi pilihan Federal Reserve. PCE utama, yang mencakup makanan dan energi, datar pada bulan ini dan naik 2,6% pada skala tahunan, juga sesuai dengan ekspektasi.

Indeks sentimen konsumen Universitas Michigan untuk bulan Juni lebih tinggi dari perkiraan, naik menjadi 68,2 dari pembacaan awal 65,6. Prospek inflasi satu tahun turun menjadi 3% dari perkiraan 3,3% di bulan Mei.

Pasar saat ini memperkirakan kemungkinan 64,1% bank sentral akan menurunkan suku bunga pada pertemuan bulan September, menurut CME Group FedWatch Tool.

KINERJA SEMESTER PERTAMA TAHUN 2024

Indeks Nasdaq yang sarat teknologi memimpin kenaikan pada semester pertama tahun 2024, melonjak 18,1% karena meningkatnya antusiasme terhadap kecerdasan buatan mendukung saham-saham teknologi dan AI.

Indeks S&P 500 pada semester pertama tahun 2024 melonjak 14,5%.

Sedangkan indeks Dow Jones pada semester pertama tahun 2024 meningkat sekitar 3,8%.

Tema AI telah menguat sepanjang tahun ini dan benar-benar mendorong pasar secara keseluruhan.

KINERJA KUARTAL KEDUA TAHUN 2024

Yang membuat Dow Jones tidak meningkat tajam, salah satu alasannya adalah berasal dari kemunduran yang terjadi pada kuartal kedua.

Dow tergelincir pada kuartal kedua 1,7% atau sekitar 643 poin, sedangkan S&P 500 dan Nasdaq masing-masing bertambah 3,9% dan 8,3%, dalam jangka waktu yang sama.

Merosotnya kinerja Dow Jones selama tiga bulan terakhir adalah karena penurunan 16% yang dialami saham Salesforce yang berarti penurunan indeks lebih dari 300 poin, yang merupakan angka hampir setengah dari total kerugian Dow pada kuartal ini.

Masalah lainnya adalah beberapa perusahaan terkemuka di kuartal pertama gagal mempertahankan momentum. Disney, Caterpillar, dan Travelers semuanya turun 10% atau lebih pada kuartal ini setelah memperoleh keuntungan sebesar 20% atau lebih pada kuartal pertama.

Namun sisi positifnya, saham Apple menjadi saham terbaik Dow pada kuartal ini dengan kenaikan sebesar 25%. Hal ini juga merupakan pembalikan total dari kuartal pertama, ketika raksasa teknologi ini menjadi salah satu perusahaan yang mengalami penurunan indeks terbesar dengan penurunan sebesar 11%.

Sementara itu, penurunan sebesar 31% yang dialami produsen chip Intel adalah yang terburuk bagi Dow pada kuartal ini. Hal ini ditambah dengan kinerja buruknya pada kuartal pertama, ketika turun 12%. Sepanjang tahun ini, sahamnya telah anjlok 39% — lebih besar dari saham Dow lainnya.

KINERJA BULAN JUNI TAHUN 2024

Untuk bulan Juni, ketiga indeks utama menandai bulan positif ketujuh dalam delapan bulan. Nasdaq sekali lagi memimpin dengan reli bulanan hampir 6%. S&P 500 dan Dow masing-masing naik 3,5% dan 1,1%.

KINERJA MINGGUAN

Untuk minggu ini, Nasdaq bertambah 0,2%. Sedangkan S&P 500 dan Dow melemah kurang dari 0,1%.

KINERJA SAHAM-SAHAM

Saham Nike tergelincir hampir 20% setelah memangkas panduan setahun penuhnya. Saham Foot Locker turun lebih dari 2% mengikutinya.

Energi naik 2,5% minggu ini, menjadikannya sektor dengan kinerja terbaik minggu ini.

Layanan komunikasi juga memperoleh kenaikan lebih dari 2% dan mengungguli pasar yang lebih luas.

Utilitas dan material keduanya turun sekitar 1,3%, menurunkan S&P 500.

Saham-saham chip merupakan salah satu pemenang semester pertama terbesar di Nasdaq.
Saham Chips kembali berjaya selama paruh pertama tahun 2024, berkontribusi signifikan terhadap Nasdaq-100′dengan sekitar 18% keuntungan tahun ini.

Nvidia adalah peraih keuntungan paling signifikan naik 152%, sementara Arm Holdings telah menguat 119%. Micron Technology telah melonjak 54%, sedangkan Applied Materials, KLA Corporation dan Broadcom masing-masing telah memperoleh setidaknya 40%.

Constellation Energy adalah pemenang terbesar ketiga dalam indeks dengan kenaikan 73% year-to-date.
CrowdStrike telah melonjak 51%, sementara Meta Platforms bersiap untuk memperoleh kenaikan sebesar 45% di paruh pertama.

Walgreens Boots Alliance dan Lululemon Athletica adalah pecundang terbesar dalam indeks. Raksasa toko obat ini telah kehilangan lebih dari setengah nilainya sejak awal tahun 2024, sementara Lululemon turun 41%.

Pemenang semester pertama di pasar saham AS sekali lagi dipimpin oleh produsen semikonduktor terbesar di dunia.

Dari lima saham teratas di VanEck Semiconductor ETF
— naik 52% di paruh pertama — diukur dengan persentase ETF yang dikhususkan untuk masing-masing, Nvidia melonjak 156% selama enam bulan pertama tahun 2024, Taiwan Semiconductor melonjak 70%, Broadcom naik 46%, Qualcomm melonjak 40% dan Texas Instruments menambahkan 16%.

Perusahaan yang membuat peralatan yang digunakan oleh produsen chip juga berkembang pesat di paruh pertama. KLA Corp. maju 44%, ASML meningkat 43% dan Lam Research naik 38%.

Kecuali TXN, semuanya meningkat dalam indeks S&P 500, yang naik hampir 16% di paruh pertama. Thank you, ChatGPT, OpenAI, model bahasa besar yang berhubungan dengan kecerdasan buatan.

Saham Boeing telah mengalami paruh pertama tahun 2024 yang sulit, dengan harga saham turun 30% sejak awal tahun.

Laporan pendapatan kuartalan perusahaan pada bulan April menunjukkan Boeing menghabiskan uang untuk mencoba menstabilkan produksi.

Saham Eli Lily mengakhiri paruh pertama tahun 2024 dengan kenaikan hampir 56%, melanjutkan keuntungan tahun lalu. Optimisme seputar pengobatan anti-obesitas telah mendorong kenaikan harga saham tersebut.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya di awal pekan memasuki kuartal ketiga dan semester kedua tahun 2024 ini, bursa Wall Street akan mencermati pernyataan pejabat Fed dan Ketua Fed, juga data tenaga kerja AS di awal bulan Juli 2024. Jika pernyataan ketua Fed memberikan sinyal hawkish bagi suku bunga, akan menekan bursa Wall Street. Namun dicermati juga data tenaga kerja yang jika terjadi penurunan, akan mendorong sentimen The Fed akan menurunkan suku bunga tahun ini, dan akan dapat menguatkan bursa Wall Street.