Indeks Nikkei Selasa Ditutup Melonjak Terpicu Pelemahan Yen; Saham Keuangan Pimpin Kenaikan

135
nikkei
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Indeks Nikkei Jepang ditutup melonjak pada hari Selasa terpicu penurunan tajam mata uang yen yang meningkatkan prospek keuntungan bagi industri-industri berat ekspor Jepang.

Indeks Nikkei 225 melonjak 1,12% menjadi ditutup pada 40.075 sementara Indeks Topix menguat 1,15% menjadi 2.857.

Namun para pedagang tetap waspada karena pelemahan mata uang yen meningkatkan risiko intervensi pemerintah lainnya dan mendukung normalisasi kebijakan moneter lebih lanjut.

Investor juga terus mencermati data ekonomi Jepang yang beragam pada hari Senin, dengan data PDB kuartal pertama direvisi lebih rendah sementara kepercayaan bisnis kuartal kedua mencapai titik tertinggi dalam dua tahun.

Saham-saham keuangan memimpin penguatan, dengan kenaikan yang kuat dari Mitsubishi UFJ (3.5%), Sumitomo Mitsui (1.6%) dan Mizuho Financial (1.7%).

Indeks kapital besar lainnya juga membukukan kenaikan yang kuat, termasuk Disco Corp (1,8%), Kawasaki Kisen (8,6%) dan Toyota Motor (1,5%).

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, indeks Nikkei akan mencermati pernyataan ketua The Fed Jerome Powell yang jika memberikan sinyal hawkish bagi kebijakan suku bunga AS, dapat menekan bursa Wall Street juga indeks Nikkei.