NFP Juni AS Naik Melebihi Perkiraan, Tingkat Pengangguran Meningkat; Prospek Penurunan Suku Bunga AS September Meningkat

183

(Vibiznews – Economy & Business) Data Tenaga Kerja AS yang dirilis akhir pekan hari Jumat bervariasi, dengan data Non Farm Payrolls bulan Juni naik melebihi perkiraan, data Unemployment Rate bulan Juni meningkat melebihi perkiraan, dan data Tingkat Upah bulan Juni sesuai perkiraan.

Non Farm Payrolls AS menambahkan 206 ribu pekerjaan pada bulan Juni 2024, sedikit di bawah revisi turun sebesar 218 ribu pada bulan Mei dan di atas perkiraan sebesar 190 ribu.

Data untuk bulan Mei direvisi jauh lebih rendah dari angka awal 272 ribu dan data bulan April juga direvisi turun sebesar 57 ribu menjadi 108 ribu. Dengan revisi ini, jumlah lapangan kerja pada bulan April dan Mei jika digabungkan adalah 111 ribu lebih rendah dari yang dilaporkan sebelumnya.

Pada bulan Juni, peningkatan lapangan kerja terjadi di pemerintahan (70 ribu), sebagian besar di pemerintah daerah, tidak termasuk sektor pendidikan (34 ribu) dan di pemerintahan negara bagian (26 ribu); pelayanan kesehatan (49K), yaitu pelayanan kesehatan rawat jalan (22K) dan rumah sakit (22K); bantuan sosial (34K); dan konstruksi (27K).

Sebaliknya, kehilangan pekerjaan terjadi di sektor perdagangan ritel (-9), manufaktur (-8K) dan jasa profesional dan bisnis (-17K).
Angka-angka di bulan Juni terus menunjukkan pasar tenaga kerja yang kuat, meskipun melemah. Pertumbuhan gaji bulanan rata-rata untuk tahun ini adalah 222 ribu, dibandingkan dengan 251 ribu pada tahun 2023 dan 377 ribu pada tahun 2022.

Sedangkan tingkat pengangguran di Amerika Serikat naik menjadi 4,1% pada Juni 2024, tertinggi sejak November 2021, naik dari 4% pada bulan sebelumnya dan mengejutkan ekspektasi pasar, yang memperkirakan tingkat pengangguran tidak akan berubah. Jumlah pengangguran meningkat 162.000 menjadi 6,811 juta orang.

Sementara itu, penghasilan rata-rata per jam untuk seluruh karyawan pada nonfarm payrolls swasta AS meningkat sebesar 10 sen, atau 0,3%, menjadi $35,00 pada bulan Juni 2024, menyusul kenaikan sebesar 0,4% pada bulan sebelumnya dan sedikit di bawah perkiraan pasar sebesar 0,4%.

Selama 12 bulan terakhir, rata-rata penghasilan per jam telah meningkat sebesar 3,9%, setidaknya sejak Juni 2021, setelah kenaikan sebesar 4% pada bulan Mei, sesuai dengan perkiraan pasar.

Secara garis besar tenaga kerja AS bulan Juni ini masih menunjukkan pasar tenaga kerja AS melemah. Sekalipun Non Farm Payrolls Juni naik melebihi perkiraan, jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya terjadi penurunan.
Sedangkan data tingkat pengangguran bulan Juni yang meningkat, menunjukkan pasar tenaga kerja menurun.
Untuk tingkat upah sesuai dengan ekspektasi pasar, namun masih turun dibandingkan bulan sebelumnya.

Pelemahan data tenaga kerja AS menjadi salah satu poin penting The Fed untuk mulai menurunkan suku bunga.