Indeks Hang Seng Kamis Berakhir Melonjak; Sektor Teknologi Naik Tinggi

100
hang seng

(Vibiznews – Index) Indeks Hang Seng Hong Kong berakhir melonjak pada hari Kamis didukung oleh langkah terbaru Tiongkok untuk meningkatkan sentimen pasar dengan meluncurkan pembatasan lebih lanjut pada short-selling.

Indeks Hang Seng melonjak 361 poin atau 2,0% menjadi berakhir pada 17.832.

Semua sektor mendukung kenaikan, dengan sektor teknologi melonjak 2,6% menyusul reli saham-saham perusahaan teknologi terbesar di Wall Street pada hari Rabu dan pendapatan yang kuat dari raksasa pembuat chip Taiwan TSMC.

Sektor properti, konsumen, dan keuangan juga mencatatkan keuntungan besar karena para pedagang menunggu data inflasi AS yang diperkirakan menunjukkan moderasi dan membuka jalan bagi penurunan suku bunga pada bulan September.

Di Tiongkok, saham-saham juga menguat, di tengah tanda-tanda bahwa dana kekayaan negara (Sovereign Wealth Fund) telah meningkatkan pembelian ETF menjelang pertemuan Pleno Ketiga minggu depan.

Yang membatasi sentimen kuat adalah kewaspadaan menjelang angka perdagangan hari Jumat di daratan.

CK Hutchison melonjak 4,7% karena sedang meninjau opsi untuk aset telekomunikasi Eropa. Pemimpin Tencent Memegang. melonjak 1,9% sementara Li Auto dan Semicon Manufacturing masing-masing melonjak 7,1% dan 2,5%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, indeks Hang Seng akan mencermati data inflasi AS bulan Juni, yang jika terealisir turun, akan mengangkat bursa Wall Street dan Indeks Hang Seng.