Mencermati 4 Hal Penting Untuk Penggerak Pasar Pekan Ini

179

(Vibiznews – Economy & Business) Pasar investasi global pekan ini akan mencermati berbagai data dan pertemuan penting yang dapat mempengaruhi pergerakan pasar.

Berikut ini ada 4 hal penting yang harus diperhatikan minggu ini untuk menjadi acuan investor bagi pergerakan pasar.

1. Laporan Pendapatan Perusahaan

Pendapatan minggu lalu beragam, dan memberikan kesan bahwa perdagangan “AI” bisa melemah.

Terkait AI, Microsoft (MSFT) dan Advanced Micro Devices (AMD) akan dirilis pada hari Selasa setelah jam kerja. Mircosoft sangat terlibat dengan Open AI. AMD juga berupaya untuk masuk ke ranah AI, dan mengingat mereka menguasai segmen game diskon, ini bisa menjadi pesaing serius bagi Nvidia.

Meta Platforms (META) dan Boeing (BA) akan dirilis pada hari Rabu. Meta juga bisa banyak bicara tentang ranah AI mengingat keunggulan model sumber terbuka mereka Llama. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah apakah biaya terus menjadi tidak terkendali untuk menghosting model ini. Boeing mengharapkan permintaan di kuartal mendatang bisa menjadi katalisator besar bagi saham, bahkan di atas ukuran profitabilitas normal.

Pada hari Kamis, Amazon (AMZN) dan Apple (AAPL) keduanya melaporkan pendapatan dan kedua perusahaan ini memiliki kekuatan untuk menggerakkan pasar. Amazon kemungkinan akan melaporkan angka Prime Day-nya dan ini, bersama dengan penggunaan Layanan Cloud dalam AI bisa menjadi katalisator bagi saham. Apple, pada titik ini, dapat dianggap sebagai perusahaan yang matang dan mungkin perlu melihat peningkatan pendapatan dan profitabilitas yang lebih baik untuk melihat reaksi besar dari saham.

2. Data Ekonomi AS

Kepercayaan Konsumen

Data Kepercayaan Konsumen AS akan dirilis pada hari Selasa. Mengingat ini adalah tahun Pemilu di AS, ini bisa menjadi penting karena para kandidat berusaha berbicara tentang ekonomi untuk menggalang basis masing-masing. Peningkatan kepercayaan kemungkinan akan baik untuk pasar dan penurunan kemungkinan akan buruk.

ISM Manufacturing PMI

PMI manufaktur ISM pada Kamis akan dirilis, dan ini mengukur ekspansi atau kontraksi di sektor manufaktur. Ini dapat menjadi indikator utama penting dari kesehatan ekonomi secara keseluruhan dan telah menunjukkan kontraksi selama beberapa rilis terakhir.

3. Data Tenaga Kerja AS

JOLTs Job Openings

Pada hari Selasa akan dirilis laporan lowongan pekerjaan AS bulan Juli, yang jika terealisir turun akan memberikan sentimen pelemahan pasar tenaga kerja dan memberikan dukungan untuk penurunan suku bunga The Fed.

ADP Employment Change Juli

Pada hari Rabu akan dirilis data ADM Employment Change bulan Juli, yang jika terealisir turun akan memberikan sentimen pelemahan pasar tenaga kerja dan memberikan dukungan untuk penurunan suku bunga The Fed.

Non-Farm Payrolls

Akhir minggu ini ditutup dengan rilis Non-Farm payrolls pada hari Jumat. Ini adalah salah satu rilis ekonomi yang lebih besar karena menunjukkan seberapa baik situasi ketenagakerjaan di AS. Jika terjadi penambahan pekerjaan, mencerminkan penguatan pasar tenaga kerja, dan pasar melihatnya sebagai penghambat untuk pemotongan suku bunga. Jika terjadi penurunan, maka akan melihat reli pasar karena mendorong untuk pemotongan suku bunga The Fed.

4. Keputusan Suku Bunga The Fed

Pada Rabu waktu AS atau Kamis dinihari akan ada keputusan suku bunga The Fed dan konferensi pers. Pasar banyak mendukung pemotongan suku bunga awal musim gugur ini sehingga menarik untuk melihat apakah itu akan disebutkan dalam konferensi pers setelah rilis.
Jika keputusan suku bunga The Fed tidak berubah, sejalan dengan ekspektasi, mungkin akan terjadi kenaikan pasar. Jika pemotongan suku bunga, akan terjadi kenaikan pasar yang lebih besar karena suku bunga yang lebih rendah.