Bursa Hong Kong Jumat Berakhir Merosot Tajam

251
hang seng

(Vibiznews – Index) Bursa saham Hong Kong berakhir merosot tajam setelah saham berjangka AS anjlok karena kekhawatiran pelemahan ekonomi AS setelah klaim pengangguran mingguan mencapai titik tertinggi hampir satu tahun.

Indeks Hang Seng anjlok 359 poin atau 2,1% hingga berakhir pada 16.946.

Indeks bertahan pada level terendah dalam 14 minggu, jatuh untuk minggu ketiga berturut-turut, tertekan oleh kerugian di semua sektor.

Indeks teknologi anjlok hampir 3%, memgikuti sektorteknologi di AS karena kegelisahan tentang pertumbuhan di sektor tersebut.

Konsumen, keuangan, dan properti jatuh karena pasar di Tiongkok merosot, karena meningkatnya kekhawatiran tentang ekonomi, seperti yang ditandai oleh penurunan aktivitas pabrik, data PDB Q2 yang lemah, dan arah kebijakan yang tidak jelas dari Beijing pada akhir dua peristiwa penting pada bulan Juli.

Beberapa penurunan terbesar hari ini adalah Meituan (-4,8%), Techtronic Inds. (-4,2%), Xiaomi Corp. (-3,6%), Semicon Manufacturing (-2,1%), dan Tencent Hlds. (-2,0%).

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya di awal pekan, bursa Hong Kong akan mencermati hasil penutupan bursa Wall Street yang jika berlanjut lemah, akan menekan bursa Hong Kong.