Data Inflasi AS Membuka Jalan Bagi Pemangkasan Suku Bunga Fed

57
dolar fed

(Vibiznews – Economy Business) Indeks harga konsumen yang merupakan ukuran inflasi utama naik 2,9% pada Juli 2024 dari tahun sebelumnya, menurut Biro Statistik Tenaga Kerja AS pada hari Rabu kemarin. Pencapaian ini merupakan angka terendah sejak Maret 2021 dan  menunjukkan tanda inflasi sedang menuju ke arah yang benar.

Inflasi terus menurun pada bulan Juli, dibantu oleh berkurangnya tekanan harga bahan pokok konsumen seperti makanan dan energi serta barang fisik seperti mobil baru dan bekas.

Data inflasi yang menggembirakan minggu ini telah menghilangkan keraguan di antara para ekonom dan pelaku pasar tentang apakah Federal Reserve akan memangkas suku bunga, tetapi ada perdebatan yang terjadi tentang seberapa cepat dan dalam pemangkasan itu akan dilakukan. Juga data inflasi tahunan turun ke level terendah dalam lebih dari tiga tahun pada bulan Juli, menyiapkan Federal Reserve untuk pemangkasan suku bunga pada bulan September.

Hal yang sama diungkapkan oleh kata Seema Shah, kepala strategi global di Principal Asset Management.  “CPI hari ini menghapus hambatan inflasi yang tersisa yang mungkin telah mencegah Fed memulai siklus pemotongan suku bunga pada bulan September “Namun, angka tersebut juga menunjukkan urgensi terbatas untuk pemotongan 50 basis poin.”

Dalam upaya untuk membawa inflasi mendekati target tahunan Fed sebesar 2%, komite telah mempertahankan suku bunga dana federal yang berpengaruh pada kisaran 5,25%-5,5% selama lebih dari setahun, yang mendorong kenaikan biaya pinjaman mobil, hipotek, dan jenis pinjaman lainnya.

Federal Reserve memilih untuk tidak memangkas suku bunga pada pertemuannya di bulan Juli, dengan alasan perlunya bukti tambahan bahwa inflasi melambat. Dengan data baru minggu ini, para ekonom memperkirakan akan ada pemangkasan suku bunga pada pertemuan Fed berikutnya di pertengahan September.

Seberapa Besar Fed Akan Memangkas Suku Bunga?

Dalam wawancara dengan Associated Press pada hari Rabu, seorang pejabat tinggi Federal Reserve menyatakan bahwa Fed perlu memangkas suku bunga utamanya sebelum pasar kerja semakin melemah. Jika tidak, hal itu dapat membahayakan ekonomi.

Fed mengubah suku bunga acuannya dalam kelipatan 25 basis poin, atau 0,25% poin persentase. Pemangkasan suku bunga seperempat poin pada bulan September akan membawa suku bunga dana Fed ke kisaran 5% hingga 5,25%, sedangkan pemangkasan suku bunga setengah poin akan semakin meringankan biaya pinjaman, menurunkan kisaran menjadi 4,75% hingga 5%.

Pejabat Fed telah mengindikasikan keinginan untuk melakukan pelonggaran, meskipun mereka berhati-hati untuk tidak berkomitmen pada jadwal tertentu atau berspekulasi tentang kecepatan pemotongan yang mungkin terjadi.

Pedagang berjangka memperkirakan kemungkinan pemangkasan suku bunga yang lebih kecil, 0,25%, pada 63%, sementara kemungkinan pemangkasan yang lebih besar sebesar 0,50% adalah 38% pada tengah hari Rabu, menurut alat CME FedWatch.

Pemangkasan suku bunga pada bulan September bisa jadi merupakan yang pertama dari banyak pemangkasan yang dilakukan Fed saat berupaya melakukan “soft landing” — mendinginkan inflasi tanpa menjerumuskan ekonomi ke dalam resesi.

“Umumnya, siklus pemangkasan suku bunga tidak hanya sekali dan selesai,” kata Lawrence Yun, kepala ekonom di National Association of Realtors (NAR). “Enam hingga delapan putaran pemangkasan suku bunga sepanjang tahun 2025 tampaknya mungkin terjadi.

Pejabat tersebut, Austan Goolsbee, presiden Federal Reserve Bank of Chicago, tidak mengatakan seberapa besar pemangkasan suku bunga yang akan ia dukung.

Dengan data inflasi terbaru yang memberikan sedikit kelegaan, perhatian kini beralih ke besarnya potensi pemangkasan suku bunga oleh The Fed.

“Secara keseluruhan, inflasi telah berakhir dan gambaran keseluruhan tekanan harga konsumen inti cukup jinak, dan bahkan mengingatkan kita pada musim semi dan panas tahun 2019 sebelum pandemi melanda,” kata kepala ekonom FWDBONDS Christopher Rupkey.

“Lonjakan inflasi sejak awal tahun ini telah berakhir,” kata Rupkey, seraya menambahkan bahwa meskipun inflasi belum sepenuhnya hilang, tekanan harga konsumen inti masih ringan. Rupkey mengharapkan Ketua The Fed Jerome Powell untuk memberikan “jempol” untuk pemangkasan suku bunga pada simposium Jackson Hole mendatang.

Ed Yardeni, presiden Yardeni Research, menyuarakan sentimen serupa tentang inflasi, dengan mengatakan pertarungan itu “benar-benar” selesai.

“Saya telah memprediksi sejak musim panas 2022 bahwa kita akan mencapai 2% hingga 3% pada akhir tahun lalu dan awal tahun ini, dan pada dasarnya kita sudah sampai di sana,” kata Yardeni kepada “Squawk on the Street” CNBC. “Kami pikir kita akan mencapai 2% pada akhir tahun.”

Namun, Yardeni menunjuk pada ketegangan geopolitik, khususnya antara Rusia, Ukraina, dan Timur Tengah, sebagai perhatian utamanya, dengan mencatat lonjakan harga minyak baru-baru ini karena kekhawatiran tentang potensi serangan Iran terhadap Israel.

Yardeni tetap optimis tentang ekonomi, mengharapkan laporan ketenagakerjaan yang kuat mendatang. Ia memperkirakan satu kali pemotongan suku bunga sebesar 0,25 poin persentase dari Fed tahun ini, menepis prediksi pemotongan yang lebih agresif sebesar 50-100 basis poin.

Para ekonom dan investor khususnya ingin mendengar lebih banyak dari Ketua Powell, yang diperkirakan akan berbicara pada tanggal 23 Agustus di simposium ekonomi tahunan Fed di Jackson Hole, Wyoming.

Sebelum FOMC bertemu berikutnya, para pejabat juga akan mendapatkan bacaan penting lainnya tentang kesehatan pasar tenaga kerja dengan rilis laporan pekerjaan bulan Agustus pada tanggal 6 September, serta beberapa indikator inflasi.