Pasar Fokus Data PCE USA, 30 Agustus 2024

82
wall street
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Forex) Greenback melanjutkan kenaikannya, dibantu oleh imbal hasil yang lebih tinggi dan hasil angka PDB dan data mingguan pasar tenaga kerja yang lebih kuat dari perkiraan, semua menjelang publikasi data utama PCE pada hari Jumat.

Berikut yang pasar cermati  pada hari Jumat, 30 Agustus:

Indeks Dolar AS (DXY) tetap kokoh dan memperpanjang penembusan penghalang utama 101,00 di tengah kenaikan imbal hasil AS secara keseluruhan. Rilis angka inflasi yang dilacak oleh PCE akan menjadi pusat perhatian pada tanggal 30 Agustus, diikuti oleh Pendapatan Pribadi, Belanja Pribadi, PMI Chicago, dan laporan final Sentimen Konsumen Michigan.

EUR/USD mengalami rebound Dolar dan menembus di bawah support 1,1100 untuk mencapai posisi terendah multi-hari. Jumat siang di ssi Eropa , Penjualan Ritel akan dirilis di Jerman, bersamaan dengan laporan pasar tenaga kerja. Di kawasan Euro yang lebih luas, Tingkat Inflasi diperkirakan akan meningkat, diikuti oleh Tingkat Pengangguran dan pidato af Jochnick dari ECB.

GBP/USD memantul dari posisi terendah mingguan dan berhasil memangkas beberapa penurunan dan mundur sedikit pada hari Kamis. Persetujuan Hipotek dan Pinjaman Hipotek akan dipublikasikan pada hari ini.

USD/JPY naik untuk hari kedua berturut-turut, mencapai tertinggi multi-hari di dekat 145,50 didukung oleh dolar yang kuat dan imbal hasil yang lebih tinggi. Kalender sibuk di Jepang pada tanggal 30 Agustus akan merilis Tingkat Pengangguran, bersama dengan Rasio Pekerjaan/Lamaran dan data inflasi Tokyo. Selain itu, Produksi Industri pendahuluan juga akan dirilis, diikuti oleh Penjualan Ritel dan Perumahan Baru.

AUD/USD melanjutkan reli kuatnya dan sekali lagi melampaui penghalang utama 0,6800, mencapai puncak baru di level-level yang tidak diperdagangkan sejak awal tahun. Angka Kredit Perumahan dan Penjualan Ritel akan dirilis pada 30 Agustus.

Kekhawatiran pasokan yang berasal dari Libya, serta rilis data positif AS, memperkuat harga minyak mentah dan mengangkat WTI ke sekitar $77,00 per barel.

Harga Emas diperdagangkan dengan hati-hati meskipun nadanya positif mendekati harga tertinggi sepanjang masa baru-baru ini di atas angka $2,500 per ounce troy meskipun greenback menguat dan imbal hasil meningkat. Harga perak memulihkan sebagian penurunan pada hari sebelumnya dan mendekati zona $29,70.

Poin Penting

Fokus pada hari Jumat sebagian besar akan tertuju pada data indeks harga PCE untuk bulan Juli.

Laporan inflasi Jumat malam kemungkinan akan menunjukkan bahwa kenaikan harga konsumen terus melambat di bulan Juli, mengikuti tren yang ditetapkan oleh data harga konsumen terkini.

Laporan Pengeluaran Konsumsi Pribadi yang menurun, sebagai  ukuran inflasi favorit Federal Reserve, akan membuat The Fed berada pada jalur penurunan suku bunga pada bulan September.

Jika inflasi tetap sesuai dengan ekspektasi, pejabat Fed kemungkinan akan melihat data ketenagakerjaan yang akan datang ketika memutuskan seberapa cepat penurunan suku bunga.

Angka tersebut diperkirakan akan menunjukkan sedikit peningkatan inflasi pada bulan sebelumnya, sementara inflasi juga diperkirakan akan tetap berada di atas target tahunan Federal Reserve sebesar 2%.

Pasar masih memperkirakan penurunan suku bunga pada bulan September, menyusul serangkaian sinyal dovish dari pejabat Fed. Namun tanda-tanda inflasi yang masih bertahan dapat mengubah tren ini.

Tanda-tanda peningkatan inflasi dapat menggeser ekspektasi ke arah pemotongan yang lebih kecil, yaitu sebesar 25 basis poin di bulan mendatang. Pedagang memperkirakan peluang sebesar 68% untuk penurunan suku bunga sebesar 25 bps, dan peluang sebesar 32% untuk penurunan suku bunga sebesar 50 bps, menurut CME Fedwatch.

Data produk domestik bruto yang dirilis pada hari Kamis menunjukkan ekonomi AS tumbuh lebih dari perkiraan awal pada kuartal kedua. Data lain menunjukkan penurunan klaim pengangguran yang sedikit lebih besar dari perkiraan.

Tanda-tanda ketahanan perekonomian AS membuat The Fed kurang mempunyai dorongan untuk menurunkan suku bunga secara tajam. Namun tren ini juga meningkatkan ekspektasi bahwa perekonomian sedang menuju ke arah penurunan (soft landing), sehingga memacu aliran dana ke sektor-sektor saham yang lebih sensitif secara ekonomi.

Laporan inflasi nanti malam  dapat mengkonfirmasi bahwa inflasi telah melemah, dan membantu menginformasikan prospek mengenai seberapa cepat dan seberapa jauh suku bunga utama Federal Reserve akan turun dalam beberapa bulan mendatang.

Pasar  memperkirakan laporan inflasi PCE pada hari Jumat akan sesuai dengan laporan terpisah awal bulan ini, Indeks Harga Konsumen, yang menunjukkan tren kenaikan harga konsumen: Biaya hidup terus meningkat hanya sedikit dalam beberapa bulan terakhir menyusul kenaikan yang mengkhawatirkan di sektor ekonomi. kuartal pertama, dan ini sedang dalam perjalanan menuju tujuan Federal Reserve yaitu tingkat suku bunga tahunan sebesar 2%.

 

Inflasi Lebih Turun, Suku Bunga Fed Lebih Rendah

Laporan tersebut kemungkinan akan diawasi dengan ketat oleh para pejabat Fed, yang menetapkan tingkat suku bunga utama dana fed fund. Tingkat ini mempengaruhi bunga semua jenis pinjaman, termasuk hipotek, kartu kredit, dan pinjaman mobil. Pejabat Fed mengandalkan inflasi PCE untuk menilai seberapa tinggi suku bunga dana federal akan ditetapkan dan akan menggunakannya untuk mengukur seberapa cepat penurunan suku bunga dalam beberapa bulan mendatang.

Pejabat Fed, termasuk Ketua Fed Jerome Powell, mengatakan mereka sedang bersiap untuk menurunkan suku bunga dana pada bulan September. Data dari laporan PCE dan pengukuran inflasi lainnya selama beberapa bulan terakhir telah meyakinkan para pengambil kebijakan bahwa kenaikan harga telah menunjukkan bahwa inflasi sedang berada pada jalur turun hingga 2%. Para pengambil kebijakan mengalihkan fokus mereka dari mencoba memperlambat perekonomian dengan suku bunga tinggi untuk mengendalikan inflasi. Sebaliknya, mereka berencana menurunkan suku bunga untuk memacu perekonomian dan mencegah meningkatnya pengangguran.

Pertanyaan kunci bagi pasar keuangan adalah apakah The Fed akan memulai kampanyenya dengan pemotongan sebesar 0,5 poin persentase dari level saat ini sebesar 5,25%-5,5%, atau memilih pemotongan seperempat poin yang kurang agresif.

Laporan PCE sepertinya tidak akan menjawab pertanyaan tersebut, kata ekonom di Deutsche Bank dalam komentarnya. Sebaliknya, laporan Biro Statistik Tenaga Kerja mengenai pasar kerja yang dirilis pada 6 September kemungkinan akan lebih mempengaruhi para gubernur bank sentral — lonjakan pengangguran dapat mendorong penurunan suku bunga yang lebih besar.