Bursa Eropa 12 September Melaju Kuat, Saham Inggris Rebound dari Pelemahan 2 Hari Berturut

109
bursa eropa

(Vibiznews – Index) – Bursa saham Eropa dibuka menguat pada perdagangan hari Kamis (12/9/2024) dengan sentimen kuat jelang rencana ECB akan pangkas suku bunganya pada pertemuan hari ini.

Indeks gabungan saham bursa Eropa  STOXX 600 pan-Eropa naik 1% pada 513,1 poin, dan bersiap untuk cetak gain terbesar dalam lebih dari satu bulan.

Demikian indeks bursa regional lainnya seperti , indeks saham Jerman DE40 melonjak 1,29%, indeks saham Perancis FR40 melompat 0,85% dan indeks saham Italia IT40 naik 0,87%.

Secara sektoral, penguatan dipimpin oleh saham teknologi dengan melonjak 2,5% yang memberikan dorongan terbesar bagi indeks acuan Eropa.

Sektor lainnya yang kuat dari saham sumber daya dasar  naik 2,3% setelah harga logam dasar naik, didorong oleh harapan penurunan suku bunga di AS minggu depan.

Bank Sentral Eropa (ECB)  bersidang hari ini dengan ekspektasi akan diputuskan    penurunan suku bunga sebesar 25 basis poin.

Namun pasar fokus pada pernyataan Presiden ECB Christine Lagarde,  dengan penuh harap menunggu konfirmasi apakah penurunan suku bunga tambahan akan segera dilakukan pada bulan Oktober dan Desember.

Penguatan juga terjadi pada perdagangan saham di Inggris Raya dengan FTSE 100 naik lebih dari 1% , mengakhiri penurunan dua hari berturut-turut.

Sentimen pulih di bursa London  menyusul data inflasi AS yang memperkuat harapan penurunan suku bunga Fed minggu depan.

Secara sektoral, saham perusahaan pertambangan memimpin kenaikan, dengan Antofagasta (+3,3%), Glencore (+3%), Anglo American (+2,5%) dan Rio Tinto (+1,6%).