Yen Kamis Turun Terendah 3 Minggu Terpicu Ekspektasi Perdana Menteri Baru Jepang

117

(Vibiznews – Forex) Mata uang Yen pada hari Kamis bergerak turun ke level terendah dalam 3 minggu terpicu ekspektasi Perdana Menteri baru Jepang.

Pasangan mata uang USD/JPY naik +0,01%.

Yen hari ini turun ke level terendah dalam 3 minggu terhadap dolar berdasarkan ekspektasi bahwa Sanae Takaichi akan terpilih sebagai pemimpin Partai Demokrat Liberal pada hari Jumat. Takaichi, yang kemungkinan akan menjadi perdana menteri Jepang berikutnya, mengatakan awal minggu ini bahwa “sangat bodoh untuk menaikkan suku bunga sekarang.”

Reli tajam +2% hari ini di Indeks Saham Nikkei ke level tertinggi dalam 3 minggu juga telah mengurangi permintaan safe haven untuk yen.

Kerugian yen terbatas karena risalah rapat kebijakan BOJ pada 30-31 Juli yang agresif.

Menurut risalah rapat BOJ pada 30-31 Juli, seorang pembuat kebijakan BOJ mengatakan bahwa BOJ perlu melanjutkan penyesuaian pelonggaran lebih lanjut jika dipastikan bahwa inflasi berkembang sesuai dengan ekspektasi BOJ.

Swap memperkirakan peluang kenaikan suku bunga sebesar +10 bp oleh BOJ sebesar 2% pada rapat 30-31 Oktober dan peluang +19% untuk kenaikan suku bunga sebesar +10 bp pada rapat 18-19 Desember.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, mata uang Yen akan bergerak turun terpicu ekspektasi Perdana Meneteri baru Jepang.