Penjualan Ritel September AS Naik Melebihi Perkiraan

63
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Economy & Business) Penjualan ritel AS bulan September meningkat 0,4%, naik dari kenaikan 0,1% yang tidak direvisi pada bulan Agustus dan lebih baik dari perkiraan Dow Jones sebesar 0,3%, menurut laporan awal.

Tidak termasuk mobil, penjualan meningkat 0,5%, lebih baik dari perkiraan kenaikan hanya 0,1%. Angka-angka tersebut disesuaikan dengan faktor musiman tetapi tidak inflasi, yang naik 0,2% pada bulan tersebut sebagaimana diukur dengan indeks harga konsumen.

Pengeluaran tumbuh di pengecer toko serba ada, yang menunjukkan peningkatan sebesar 4%, serta di toko pakaian (1,5%) dan bar dan restoran (1%). Peningkatan tersebut mengimbangi penurunan 1,6% di pom bensin karena harga bahan bakar turun, bersama dengan penurunan di toko elektronik dan peralatan (-3,3%) dan bisnis furnitur dan perabotan rumah (-1,4%).

Penjualan meningkat 1,7% dari tahun lalu, dibandingkan dengan tingkat CPI sebesar 2,4% untuk periode yang sama.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa konsumen, yang menggerakkan sekitar dua pertiga dari semua aktivitas ekonomi di AS, masih berbelanja yang menggarisbawahi ekonomi AS yang masih baik.