Permintaan Kredit Rumah Di AS Naik, Prospek Ekonomi Beri Dorongan

931

Perekonomian Amerika Serikat (AS) dinilai sudah mulai membaik. Hal ini ditunjukkan dari berbagai rilis data ekonomi lokal yang menunjukkan tanda-tanda pemulihan yang sesuai harapan. Misalnya saja berdasarkan data historis yang ada dilaporkan bahwa Indeks Harga Konsumen (IHK) di AS untuk bulan Februari berhasil mencatat kenaikan yang sejalan dengan perkiraan ekonom sebelumnya. Kenaikan ini adalah kali pertama sejak Juni 2014 lalu.

Kenaikan IHK ini membuat inflasi di AS berhasil terangkat sehingga The Fed optimis bahwa di paruh pertama tahun ini target inflasi sebesar 2 persen dapat dicapai. Perbaikan tidak hanya dari segi makroekonomi, dari sisi mikroekonomi pun mulai terlihat, misalnya dari membaiknya data permintaan rumah baru yang dapat dilihat dari meningkatnya pengajuan aplikasi KPR.

Aplikasi pengajuan KPR di AS berhasil mencatat kenaikan pada pekan lalu, hal ini disebabkan oleh suku bunga KPR di AS yang diturunkan ke level terendahnya sejak Februari lalu. Suku bunga KPR Fixed untuk rata-rata 30 tahun adalah sebesar 3,90 persen pada pekan ini, level terendah sejak Februari 2015. Suku bunga ini menunjukkan penurunan sebesar 9 basis poin dari 3,99 persen di minggu sebelumnya.

 Read more

Stephanie Rebecca /VM/VBN/ Analyst Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here